Kompas.com - 17/05/2019, 06:50 WIB
Wanita cantik yang berprofesi sebagai beauty vlogger sedang merekam aktivitasnya yang menjelaskan tutorial makeup. SHUTTER STOCKWanita cantik yang berprofesi sebagai beauty vlogger sedang merekam aktivitasnya yang menjelaskan tutorial makeup.

JAKARTA, KOMPAS.com - Di bulan Ramadhan, kategori "kecantikan" rupanya menjadi salah satu kategori yang pencariannya meningkat di mesin pencari Google.

Insight Specialist Google Indonesia Ariani Dwijayanti menyebutkan, peningkatannya mencapai 20 persen dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.  Data tersebut diambil dari bulan Ramadhan 2018 lalu.

Salah satu yang dicari adalah tren gaya rambut terbaru yang meningkat hingga tiga kali lipat.

"Yang menarik, orang mencari gaya rambut 2018 saya kira mereka cari di awal Januari ternyata jauh lebih banyak mencari di bulan Ramadhan. Mereka ingin tampil trendi," kata Insight Specialist Google Indonesia, Ariani Dwijayanti ketika merilis tren terbaru seputar Bulan Ramadhan di Jakarta Selatan, Rabu (15/5/2019).

Di samping peningkatan pencarian di Google Search, pencarian kategori kecantikan di YouTube juga meningkat hingga 40 persen berdasarkan 100 channel teratas.

Baca juga: Waktu Menonton YouTube Naik 40 Persen Selama Ramadhan

Ariani menyebutkan, ada tiga kategori video YouTube dengan kategori kecantikan yang paling banyak diakses.

Kategori pertama adalah tips riasan wajah untuk pemula. Ada banyak beauty vlogger dan artis yang membuat video merias wajah untuk pemula. Salah dua yang paling banyak diakses adalah video dari Alifah Ratu dan Aurel Hermansyah.

Menurut Ariani, video-video kategori ini banyak diakses oleh perempuan-perempuan muda yang masih duduk di bangku kuliah atau sekolah, atau yang memang baru mau memulai menggunakan makeup jelang Hari Raya Idul Fitri.

"Lebaran kan banyak interaksi sosial, ingin tampil berbeda untuk ketemu kerabat," katanya.

Tampilan riasan wajah berikutnya adalah riasan wajah yang tahan lama. Menurut Ariani, saat ini banyak penonton YouTube yang mencari bagaimana agar riasan wajah bisa awet sehingga mereka tidak perlu melakukan 'touch up' ketika menghadiri acara buka puasa bersama atau Hari Raya Idul Fitri.

Di samping tampilan riasan wajah, kategori hijab tutorial juga banyak dicari di YouTube. Lewat video tutorial, banyak vlogger yang berbagi beragam gaya hijab untuk menghadiri acara tertentu atau hijab sederhana untuk digunakan sehari-hari.

Baca juga: Pakaian Paling Dicari di Bulan Ramadhan, Gamis hingga Baju Sabyan

"Karena mungkin banyak juga penonton yang baru pertama memakai hijab dan mereka menonton video tutorial hijab," kata Ariani.

Nah, bagaimana dengan kamu, tren kecantikan apa yang sedang kamu gemari di Bulan Ramadhan ini?



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X