5 Rempah dan Tanaman Ini Dipakai Masyarakat India untuk Obati Penyakit

Kompas.com - 17/05/2019, 10:57 WIB
Rempah-rempah yang digunakan masyarakat India untuk mengobati berbagai penyakit. AlamyRempah-rempah yang digunakan masyarakat India untuk mengobati berbagai penyakit.

KOMPAS.com - Di India, tanaman, bumbu, dan rempah-rempah sering digunakan untuk mengobati penyakit dan menjaga kesehatan tubuh. India memang memiliki sejarah panjang terkait penggunaan bahan alami untuk mengobati penyakit.

Dilansir dari South China Morning Post, tanaman-tanaman yang dimanfaatkan dalam pengobatan Ayurveda (obat tradisional India) yakni bawang putih, jahe, kunyit, kelor, dan ginseng.

Ada keyakinan bahwa penyakit dapat dikaitkan dengan pola kebiasaan dalam proses berpikir, kesehatan emosi, dan preferensi makanan.

Ahli gizi dan penulis buku Ultimate Grandmother Hacks: 50 Kickass Traditional Habits for a Fitter You, Kavita Devgan menyampaikan bahwa dirinya percaya rempah-rempah India dan tumbuhan yang diolah khusus bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

"Sayuran dan kecambah hijau memiliki vitamin B dan E, yang membantu pencernaan dan juga membantu mengeluarkan asam dari tubuh. Misalnya, rumput barley membantu memperbaiki alkalinitas dan meningkatkan metabolisme dan sistem kekebalan tubuh," ujar Kavita.

Baca juga: Agar Generasi Milenial Melirik Tanaman Obat

Berikut lima tanaman penyembuh yang digunakan masyarakat India:

1. Kunyit

Kunyit selalu punya tempat utama di masala dabba atau wadah khusus rempah yang sering ditemukan di restoran atau dapur masyarakat India.

Kunyit dianggap suci, sebab kerap ada dalam sesaji untuk para dewa. Rempah ini juga sering dioleskan pada kulit pengantin baru.

Manfaat lain dari kunyit bubuk bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit pilek dan batuk. Caranya, kunyit bubuk diaduk bersama susu hangat dan diminum sebelum tidur.

Kemudian, akar kunyit segar bisa dapat diawetkan dalam garam dan bubuk cabai.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X