BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Polytron

Sahur dan Berbuka dengan Pasta Sehat, Kenapa Tidak?

Kompas.com - 18/05/2019, 03:50 WIB
Ilustrasi pasta PexelsIlustrasi pasta


KOMPAS.com
– Cindy (31), pegawai kantoran sekaligus ibu rumah tangga ini tengah berpikir untuk persiapan berbuka puasa. Hari itu, ia sudah merencanakan untuk membeli makanan bersama suaminya untuk buka puasa bersama.

Dalam kepalanya terbayang sudah daftar belanjaan untuk menu buka puasa. Ada gorengan, nasi padang, sup buah, kue bolu dan beberapa makanan lain. Hidangan yang tersaji dalam pikirannya terlihat menggiurkan.

Tiba-tiba Cindy sadar beberapa hari terakhir ia sering sekali berbuka puasa dengan gorengan. Di tambah lagi, menu makanannya beberapa hari belakangan selalu beli di luar.

Beberapa kali hidangan untuk berbuka atau sahurnya pun makanan siap saji. Cindy menyadari kalau terlalu sering membeli makanan di luar tak bagus untuk kesehatan.

Terlebih tujuan berpuasa selain untuk menahan hawa nafsu juga untuk mendetoks pencernaan. Makanya, walau berpuasa selama sebulan, jangan sampai menu makanan yang tak sehat justru membuat aktivitas puasa sia-sia.

Penting diingat, sahur dan berbuka pada bulan puasa tetap perlu diisi dengan asupan nutrisi yang bergizi. Jangan sampai hanya memuaskan selera saja.

Nah, hidangan sehat dan bergizi bukan berarti makanan tersebut tak lezat.

Karena itu, Cindy pun bertekad untuk meluangkan waktu dan menyempatkan memasak. Selain itu, ia juga mencari menu masakan yang lebih sehat dan enak.

Salah satu menu makanan yang cocok, cukup praktis dan hendak dimasak untuk sahur maupun berbuka jatuh pada pasta. Kenapa?

llustrasi pasta sayurShutterstock llustrasi pasta sayur
Ini karena pasta merupakan makanan yang tinggi akan karbohidrat, sehingga bisa menjadi sumber energi selama berpuasa.

Dilansir dari resep di Tasty.co, ada pasta ayam sayur yang terlihat lezat dan memiliki nutrisi seimbang. Pasta ini pun bisa dibuat dengan banyak porsi untuk dimakan di waktu lain.

Berikut resep pasta ayam sayur dan cara memasak yang dilansir dari Tasty.

Bahan (untuk 4 porsi):

4 sendok minyak zaitun, dada ayam dipotong berbentuk dadu, dua buah wortel, 1 zuccini (iris),1 buah labu kuning (iris), 4 cup kale, 2 siung bawang putih, 3 cup pasta rotini (600 gram), 2 sendok teh oregano, 2 sendok teh garam, dan 2 sendok teh lada.

Cara memasak

Pertama, hangatkan minyak zaitun di kuali. Kedua, masukkan ayam dada yang sudah dipotong bentuk dadu diikuti satu sendok garam, satu sendok lada, dan satu sendok oregano.

Masak sampai ayam tak lagi berwarna merah muda, lalu pisahkan dari kuali.

Selanjutnya, tumis wortel selama 2-3 menit, lalu tambahkan zuccini dan labu kuning. Setelah cukup matang, tambahkan kale, diikuti dua sendok teh minyak zaitun, satu sendok teh garam, dan satu sendok teh lada.

Buat sedikit tempat kosong di tengah kuali dari sayur yang baru ditumis untuk menumis irisan bawang putih selama setengah menit. Setelah itu, aduk kembali tumisan.

Tambahkan pasta rotini yang sudah dimasak (direbus) dan ayam, diikuti dengan satu sendok teh oregano. Aduk hingga merata dan matikan kompor.

Pasta sayur ayam pun siap disantap. Lihat video masak lengkapnyanya di sini.

Tahan lama asalkan

Nah, bila memasak dengan porsi yang banyak, pasta tersebut juga bisa dimakan pada waktu lain.

Biarkan pasta dingin dahulu selama sepuluh menit, lalu masukkan ke container penyimpanan makanan. Kemudian, pasta bisa dimasukkan ke lemari es dan dikeluarkan kembali nanti untuk di makan.

Pasta ini bisa di kulkas hingga empat hari. Dengan demikian, tidak perlu memasak dua kali dalam satu hari.

Cukup memasak sebelum buka puasa atau sahur saja, kemudian simpan di lemari pendingin.

Lemari Es Polytron Belleza InverterDok. Polytron Lemari Es Polytron Belleza Inverter

Karena itu, pastikan lemari pendingin leluasa untuk menyimpan makanan disertai suhu yang sesuai. Lemari es Belleza Inverter dari Polytron misalnya, bisa digunakan untuk menyimpan makanan seperti pasta.

Terlebih pada lemari es Belleza Inverter PRS 550T berkapasitas 550 liter dan memiliki tiga pintu. Di dalamnya dilengkapi dengan Magic Fresh Room, yaitu ruang penyimpanan yang suhunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan,.

Contohnya, dapat dipakai untuk defrost makanan beku, menjaga kesegaran sayur dan buah yang lebih lama, dan menyimpan sayur dan buah yang siap untuk dikonsumsi atau dimasak.

Selain itu, Polytron punya pula Belleza Inverter empat pintu (PRS 560X) yang berkonsep “extra spacious” untuk menyimpan lebih banyak bahan makanan. Tujuannya supaya Anda tidak perlu setiap hari pergi belanja.

Sementara itu, untuk menjawab kebutuhan rumah tangga yang menyukai gaya hidup minimalis, ada pula New Belleza Inverter PRS 460B yang berkapasitas 460 liter.

Nah, dengan punya lemari pendingin seperti itu, menyimpan porsi makanan berlebih usai memasakbukan lagi jadi masalah. Persiapan makan untuk berbuka maupun sahur pun tak lagi merepotkan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya