Kompas.com - 18/05/2019, 11:11 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Ada berbagai jenis susu di pasaran, salah satu yang paling populer adalah susu full cream yang kadar lemaknya tinggi. Susu jenis ini sering mendapat predikat kurang sehat dibandingkan susu rendah lemak dan skim milk.

Susu full cream atau whole milk merupakan jenis susu yang kandungannya paling lengkap. Susu ini mengandung protein, karbohidrat, dan juga lemak yang tinggi.

“Rasanya memang gurih karena lemaknya,” kata dokter spesialis gizi klinik, Diana F.Suganda, dalam acara MilkVersation yang diadakan oleh Frisian Flag di Jakarta (15/5/2019).

Walau kadar lemaknya tinggi, menurut Diana, bukan berarti susu ini tidak sehat karena kita harus memilih susu yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

“Kalau untuk anak-anak justru saya kasih full cream karena mereka masih butuh lemak, protein, bahkan lemak jenuh,” ujar dokter dari RS Pondok Indah Bintaro ini.

Sementara untuk orang obesitas yang ingin menurunkan berat badan tentu tidak dianjurkan mengonsumsi susu ini karena kandungan kalorinya tinggi.

Baca juga: Susu Cokelat Ampuh Kembalikan Energi Pasca Olahraga 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Yang obesitas bisa memilih susu low fat atau skim. Semua kembali ke kebutuhan masing-masing individu,” ujarnya.

Meski kandungan kalori tinggi, tetapi tidak perlu takut mengonsumsi susu full cream. Apalagi ada bukti penelitian yang menyebut susu jenis ini bisa menahan nafsu makan.

“Dari penelitian Skandinavian Journal of Primary Health 2013, susu full cream ternyata membuat kita lebih kenyang sehingga asupan lain berkurang,” katanya.

Dengan kata lain, orang yang sedang diet pun tak perlu pantang minum susu full cream asalkan sesuai dengan asupan total harian. 

Segelas susu ukuran 250 ml mengandung energi 146 kkal, karbohidrat sekitar 4 persen dari kebutuhan harian atau 12,8 gram, protein 7,9 gram, lemak 7,9 gram, serta mengandung vitamin A,D, riboflavon, kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium.

“Selain itu ada juga asam lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6 yang penting untuk metabolisme tubuh,” katanya. 

 Baca juga: Manfaat Susu Bukan Cuma untuk Tulang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.