5 Tanda Berada dalam Pernikahan Tanpa Cinta

Kompas.com - 18/05/2019, 17:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Pernikahan merupakan komitmen dua orang yang saling berhubungan yang diresmikan melalui institusi negara dan agama. Idealnya, pernikahan dikuatkan oleh cinta.

Namun, tak selamanya pernikahan membawa kebahagiaan seperti dalam cerita dongeng, sebagian yang kurang beruntung merasa kehidupan pernikahan mereka seperti neraka.

Ketiadaan rasa cinta menjadi salah satu faktor yang menyebabkan pernikahan tidak bahagia. Sayangnya, seringkali ketiadaan rasa cinta itu justru tidak disadari.

Berikut tanda-tanda pernikahan tanpa cinta yang harus diwaspadai. Yuk disimak!

1. Gejala fisik

“Pernikahan yang tidak bahagia seperti flu yang melekat, membuat tenaga Anda terkuras dan rentan,” jelas terapis klinis Paul Hokemyer, J.D.,Ph.D kepada Oprahmag.com.

Gejala dapat berupa sakit kepala parah, diare, sembelit, mual, leher, dan sakit punggung. Hokemyer menuturkan banyak pasien yang ia tangani menderita depresi. Mereka mengatakan bahwa mereka selalu lelah, sebagian lagi mengalami gangguan kecemasan dan insomnia.

“Saya bahkan pernah merawat seorang wanita paruh baya yang memiliki kebencian yang begitu dalam terhadap suaminya hingga membuat tubuhnya bergetar seperti dijalari semut,” ungkapnya.

Baca juga: Menghadapi Konflik dengan Pasangan? Cobalah Jalan Bersama

2. Saling mengkritik satu sama lain

Kita semua pasti pernah menjadi seseorang yang menyebalkan ataupun merasakan kekesalan pada pasangan. Tapi Anda harus menentukan, apakah rasa frustasi itu timbul karena kurangnya penghargaan dari pasangan atau murni karena hari yang melelahkan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X