5 Tanda Berada dalam Pernikahan Tanpa Cinta

Kompas.com - 18/05/2019, 17:00 WIB
IlustrasiShutterstock Ilustrasi

KOMPAS.com - Pernikahan merupakan komitmen dua orang yang saling berhubungan yang diresmikan melalui institusi negara dan agama. Idealnya, pernikahan dikuatkan oleh cinta.

Namun, tak selamanya pernikahan membawa kebahagiaan seperti dalam cerita dongeng, sebagian yang kurang beruntung merasa kehidupan pernikahan mereka seperti neraka.

Ketiadaan rasa cinta menjadi salah satu faktor yang menyebabkan pernikahan tidak bahagia. Sayangnya, seringkali ketiadaan rasa cinta itu justru tidak disadari.

Berikut tanda-tanda pernikahan tanpa cinta yang harus diwaspadai. Yuk disimak!

1. Gejala fisik

“Pernikahan yang tidak bahagia seperti flu yang melekat, membuat tenaga Anda terkuras dan rentan,” jelas terapis klinis Paul Hokemyer, J.D.,Ph.D kepada Oprahmag.com.

gangguan kecemasan dan insomnia.

“Saya bahkan pernah merawat seorang wanita paruh baya yang memiliki kebencian yang begitu dalam terhadap suaminya hingga membuat tubuhnya bergetar seperti dijalari semut,” ungkapnya.

Menghadapi Konflik dengan Pasangan? Cobalah Jalan Bersama

2. Saling mengkritik satu sama lain

Kita semua pasti pernah menjadi seseorang yang menyebalkan ataupun merasakan kekesalan pada pasangan. Tapi Anda harus menentukan, apakah rasa frustasi itu timbul karena kurangnya penghargaan dari pasangan atau murni karena hari yang melelahkan.

Jika Anda selalu menggunakan kata “tidak pernah” atau “selalu”, seperti ”Kamu tidak pernah membantuku membersihkan rumah”,  Anda tidak hanya mengkritik pasangan tapi juga membunuh karakternya.

Jika mencintainya, Anda akan menggunakan cara yang lebih baik untuk mengritiknya. Alih-alih menyerang personalnya, Anda harusnya mengatakan bahwa membutuhkan bantuannya di rumah.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Sumber


Close Ads X