Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berusia Lebih dari 140 Tahun, Berikut Fakta Menarik Celana Jeans...

Kompas.com - 20/05/2019, 13:56 WIB
Aswab Nanda Prattama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jeans merupakan celana serbaguna yang menjadi ikon fesyen tersendiri. Bahannya yang tak mudah sobek menjadi pilihan banyak orang untuk memakainya dalam aktivitas sehari-hari.

Awalnya, celana jeans dipakai oleh para pekerja pertambangan yang umumnya pria. Namun, kini celana jeans tak hanya untuk pria tapi juga disukai perempuan.

Pada 20 Mei 1783, celana jeans mendapatkan paten resmi. Setelah itu, jeans menjadi mode pilihan masyarakat lintas gender dan lintas generasi.

Berusia lebih dari 140 tahun, berikut adalah fakta menarik dari jeans yang perlu Anda ketahui:

1. Awal nama

Perdagangan bahan untuk jeans kali pertama muncul di kota Genoa, Italia; dan Nimes, Perancis.

Dari Genoa muncul penamaan "genes" yang nantinya akan menjadi jeans. Sementara itu di Nimes kain itu dikenal dengan "de Nimes" yang nantinya akan dikenal dengan denim.

Kain Genes dari Genoa memiliki struktur halus dan dengan harga yang murah. Banyak militer dan pelaut dari Genoa menggunakan celana berbahan ini agar mudah dipakai ketika basah atau kering.

Sementara itu kain denim dari Nimes memiliki struktur yang keras dan kasar. Banyak pihak yang menilai kain ini memiliki kualitas yang paling bagus dan biasanya digunakan sebagai pakaian terusan.

Berawal dari Eropa, akhirnya kain ini sampai di Amerika Serikat dan diperkenalkan oleh Levi Strauss untuk menemani pekerja tambang dalam menunjang aktivitas pertambangan emas di California.

2. Penting bagi kelas pekerja

Lukisan menggambarkan pekerja memakai jeansDaily Mail Lukisan menggambarkan pekerja memakai jeans

Setelah pelaut dan militer menggunakan kain jeans untuk kehidupan sehari-harinya, penggunaan jeans juga mewabah kepada pekerja di Italia.

Banyak pekerja yang menggunakan jeans untuk menunjang aktivitasnya ketika bekerja. Baik dari pekerja tambang, bangunan, maupun pekerja kasar menggunakan celana jeans.

Biasanya mereka menggunakan kain jeans dari Genoa yang memiliki kualitas yang lebih murah dan lebih tipis.

Bukti ini ditunjukkan oleh lukisan dari seniman Italia yang sekarang mendapat julukan "The Master of Blue Jeans". Dalam lukisan tersebut, menggambarkan pekerja miskin dan keluarganya yang mengenakan kain jeans.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Celana Jeans Dipatenkan dan Dijual Bebas

3. Muncul bahan Dungaree dari India

Kota Mumbai merupakan salah satu pusat keuangan, komersial, dan hiburan di India.NEHIT/Shutterstock Kota Mumbai merupakan salah satu pusat keuangan, komersial, dan hiburan di India.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com