Seberapa Sehatkah Bawang Putih?

Kompas.com - 20/05/2019, 15:29 WIB
Ilustrasi bawang putih AmaritaIlustrasi bawang putih

KOMPAS.com - Bawang putih dan juga bawang lainnya adalah bumbu wajib di setiap dapur. Keluarga bawang ini juga dianggap sehat.

Bawang merupakan sumber yang baik untuk vitamin C, B6, potasium, dan folat. Sedangkan bawang putih kaya akan vitamin C, B6, thiamin, potasium, kalsium, fosfor, mangan dan seng.

Dalam kelompok sayuran, bawang termasuk dalam keluarga allium. Sayuran di kelompok ini memiliki keunggulan berupa organsulsfur yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, tekanan darah, dan juga mencegah penyakit kronik seperti kanker dan kardiovaskular.

Sebagian orang percaya bawang putih mentah lebih berkhasiat dibanding dengan yang sudah dimasak. Namun, penelitian menunjukkan bahwa proses pemasakan justru akan memaksimalkan manfaat kesehatannya.

Sebaiknya potong atau remukkan bawang putih sekitar 10 menit sebelum dimasak. Hal ini akan membuat reaksi enzim terjadi.

Kandungan super lainnya adalah mengurangi risiko kanker dengan mencegah terjadinya inflamasi sel-sel dan kerusakan DNA.


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Time
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X