Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/05/2019, 06:12 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pola makan yang tidak terkontrol memang penyebab utama kegemukan. Tapi, ada banyak makanan yang bisa membantu kamu untuk menjaga berat badan, salah satunya adalah alpukat.

Seperti dilansir laman Reader's Digest, studi baru dari Pusat Penelitian Nutrisi di Illinois Institute of Technology menemukan, lemak dalam alpukat dapat membantu menekan rasa lapar dan kenyang lebih lama.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal peer-review Nutrients pada 8 Mei 2019 menyimpulkan, orang yang kelebihan berat badan dan obesitas, lalu menambahkan alpukat pada makanan mereka sebagai pengganti karbohidrat olahan mampu mencegah rasa lapar lebih lama dan meningkatkan kenikmatan makan.

Pada tiga hari yang berbeda, para peneliti memberikan makan 31 orang dewasa yang kelebihan berat badan atau obesitas satu dari tiga kali makan dengan kalori yang sama: Makanan tinggi lemak dengan satu alpukat, makanan tinggi lemak dengan setengah alpukat, atau makanan rendah lemak.

Selama enam jam sesudahnya, para peserta studi itu melaporkan merasa lapar.

Sebaliknya, semua orang melaporkan merasa lebih kenyang lebih lama setelah makan yang menyajikan alpukat utuh; bahkan makan dengan setengah alpukat membantu memuaskan lebih lama daripada makanan rendah lemak.

Baca juga: Mengenal 4 Jenis Makanan yang Bikin Cepat Kenyang

Tes lebih lanjut mengungkapkan, alpukat membantu meningkatkan hormon usus.

"Selama bertahun-tahun, lemak disebut sebagai penyebab utama obesitas, dan sekarang kini diteliti untuk peran mereka dalam pengaturan nafsu makan dan pengendalian berat badan," kata Britt Burton-Freeman, direktur Pusat Penelitian Nutrisi di Illinois Tech.

Britt meyakini tidak ada solusi 'satu ukuran untuk semua' dalam hal komposisi makan optimal untuk mengatur nafsu makan.

Namun, memahami hubungan antara food chemistry dan efek fisiologisnya pada populasi yang berbeda dapat mengungkap peluang untuk mengatasi kontrol nafsu makan dan mengurangi tingkat obesitas.

Hal ini juga membantu  mengatur menu makan yang baik untuk mencapai tujuan menurunkan berat badan.

Walau alpukat mengandung lemak, tapi tergolong dalam lemak sehat. Studi-studi terbaru juga menyimpulkan, mengonsumsi lemak sehat dalam jumlah yang cukup dapat membantu menekan rasa lapar dan membantu mengendalikan berat badan.

Studi ini membuktikan, perubahan kecil dan menyenangkan dalam menu makan seperti menukar roti, pasta, atau nasi, dengan setengah alpukat dapat menuntun kamu mencapai tujuan penurunan berat badan.

Baca juga: Tips Mudah Jaga Daging Alpukat Agar Tak Berubah Cokelat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com