Bukan Keterampilan Bisnis, Ini Rahasia Sukses Jack Ma

Kompas.com - 21/05/2019, 14:14 WIB
CEO Alibaba Group Jack Ma (tengah) menyemarakkan Upacara Penutupan Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta, Minggu (2/9/2018).  ANTARA FOTO/INASGOC/Wahyudin CEO Alibaba Group Jack Ma (tengah) menyemarakkan Upacara Penutupan Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta, Minggu (2/9/2018).

KOMPAS.com - Kesuksesan Jack Ma dalam dunia bisnis tentu tak perlu dipertanyakan.

Sebagai pendiri perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok, pria 54 tahun itu berhasil mengumpulkan kekayaan senilai 36,5 milliar dollar AS atau Rp 589 trilliun.

Dengan kesuksesan besar yang diraihnya, Jack Ma justru mengaku tak memiliki keterampilan teknis atau bisnis.

"Saya tidak tahu apa-apa tentang teknologi, saya tidak tahu apa-apa tentang pemasaran, saya tidak tahu apa-apa tentang bisnis," ungkapnya.

Jadi, apa rahasia sukses ala Jack Ma?

Jack Ma mengaku hanya memahami karakteristik manusia.

“Segala yang kami lakukan sebagai pendiri adalah membuat pelanggan senang dan membuat tim bahagia. Maka kamu akan bahagia,” kata Ma.

Pria asal Tiongkok ini memang tak berencana menjadi pebisnis. Ia hanya ingin menjadi guru.

Ide untuk mendirikan perusahaan teknologi ini muncul setelah pertama kali internet ditemukan pada tahun 1955, saat ia melakukan perjalanan pertamanya ke AS.

Saat itu, seorang teman memperkenalkannya pada internet dan mengatakan ia bisa mencari apapun melalui teknologi tersebut.

Pada awalnya, Jack Ma tak ingin menyentuh komputer karena harganya sangat mahal di negara asalnya.

"Jika saya merusaknya, saya tidak bisa membayar, ”kata Ma.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X