Kompas.com - 22/05/2019, 17:46 WIB
Ilustrasi mudik dengan MPV SHUTTERSTOCKIlustrasi mudik dengan MPV
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Mudik lebaran telah menjadi sebuah rutinitas yang dilakukan sebagian besar orang menjelang Idul Fitri. Moda transportasi yang dipilih pun beragam, mulai dari kendaraan pribadi, bis, kereta, kapal, hingga pesawat terbang.

Sayangnya, perjalanan menggunakan moda transportasi apapun tidak menjamin kamu terbebas dari mabuk perjalanan saat sedang mudik Lebaran. Lalu, bagaimana cara menghilangkan mual yang tiba-tiba muncul saat mudik lebaran?

1. Memandang ke kejauhan

Jika kamu sudah merasa akan muntah alias mual saat masih di dalam perjalanan, coba alihkan pandangan ke luar jendela. Perhatikan dan pandang objek yang jaraknya agak jauh. Cara ini bisa menghilangkan mual dan pusing saat di perjalanan mudik.

Meski begitu, kamu mungkin tetap harus mengubah-ubah posisi duduk untuk mencari posisi yang lebih nyaman dan mengurangi rasa pusing dan ingin muntah selama di perjalanan.

2. Makan camilan saat buka puasa

Jika kamu harus berbuka puasa di perjalanan, hindari makan makanan berat terlebih dahulu, khususnya jika harus memakannya di dalam kendaraan yang bergerak. Lebih baik mengonsumsi camilan, seperti biskuit, roti, sereal, atau buah-buahan seperti apel dan pisang.

Mengonsumsi makanan berat dan mengandung banyak minyak seperti mie goreng atau nasi goreng saat di perjalanan justru akan memperparah kondisi karena jenis makanan tersebut membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

3. Jangan baca buku atau menatap layar gadget

Saat di perjalanan, kamu akan cenderung mencari kesibukan agar tidak mudah merasa bosan. Khususnya, jika melakukan perjalanan seorang diri. Beberapa kesibukan yang paling sering dilakukan adalah membaca buku atau bermain gadget.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X