Ramping dengan Jalan Kaki 30 Menit Setiap Hari

Kompas.com - 03/06/2019, 10:38 WIB
Ilustrasi jalan kaki shutterstockIlustrasi jalan kaki
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Jalan kaki adalah aktivitas yang baik untuk kesehatan. Menambah langkah saat jalan kaki juga menjadi cara yang tepat jika kamu ingin menurunkan berat badan namun tak ingin berlari.

Apalagi jika kamu baru mulai berjalan kaki dalam durasi yang cukup lama, maka aktivitas tersebut akan lebih efektif untuk menurunkan berat badan.

Namun, berapa lama durasi jalan kaki yang kita butuhkan untuk bisa memiliki tubuh yang ramping dan ideal?

Rupanya, jalan kaki 30 menit saja sudah cukup untuk membantu menurunkan berat badan.

"Hasil penurunan berat badan bisa kita lihat dengan jalan kaki 30 menit setiap harinya," kata ahli fisiologi olahraga, pelari maraton dan penasehat kebugaran di Bowlex, Tom Holland, MS, CSCS, MS, CSC.

Baca juga: Seberapa Rutin Jalan Kaki untuk Meluruhkan Lemak Perut?

Jalan kaki 30 menit bisa membakar sekitar 150-200 kalori, tergantung juga dari faktor kecepatan dan berat badan. Jika ingin lebih presisi melihat kalori yang terbakar, kamu bisa menggunakan tracker.

Sementara itu, personal trainer tersertifikasi dari Gold's Gym dan pelatih Gold's AMP, Jackie Vick, NCSF menambahkan, sebagian dari kalori yang terbakar itu juga bisa berasal dari lemak tubuh. Tentu saja hal ini sesuatu yang baik bagi orang-orang yang mau menurunkan berat badan.

Baik Tom maupun Jackie merekomendasikan beberapa cara untuk meningkatkan intensitas jalan kakimu sehingga lebih efektif.

1. Carilah jalan menanjak

"Memberi perubahan dalam hal kemiringan (misalnya jalan menanjak) akan membantu meningkatkan intensitas olahraga kita dan tentu saja jumlah kalori yang dibakar," kata Tom.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X