Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/06/2019, 10:38 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jalan kaki adalah aktivitas yang baik untuk kesehatan. Menambah langkah saat jalan kaki juga menjadi cara yang tepat jika kamu ingin menurunkan berat badan namun tak ingin berlari.

Apalagi jika kamu baru mulai berjalan kaki dalam durasi yang cukup lama, maka aktivitas tersebut akan lebih efektif untuk menurunkan berat badan.

Namun, berapa lama durasi jalan kaki yang kita butuhkan untuk bisa memiliki tubuh yang ramping dan ideal?

Rupanya, jalan kaki 30 menit saja sudah cukup untuk membantu menurunkan berat badan.

"Hasil penurunan berat badan bisa kita lihat dengan jalan kaki 30 menit setiap harinya," kata ahli fisiologi olahraga, pelari maraton dan penasehat kebugaran di Bowlex, Tom Holland, MS, CSCS, MS, CSC.

Baca juga: Seberapa Rutin Jalan Kaki untuk Meluruhkan Lemak Perut?

Jalan kaki 30 menit bisa membakar sekitar 150-200 kalori, tergantung juga dari faktor kecepatan dan berat badan. Jika ingin lebih presisi melihat kalori yang terbakar, kamu bisa menggunakan tracker.

Sementara itu, personal trainer tersertifikasi dari Gold's Gym dan pelatih Gold's AMP, Jackie Vick, NCSF menambahkan, sebagian dari kalori yang terbakar itu juga bisa berasal dari lemak tubuh. Tentu saja hal ini sesuatu yang baik bagi orang-orang yang mau menurunkan berat badan.

Baik Tom maupun Jackie merekomendasikan beberapa cara untuk meningkatkan intensitas jalan kakimu sehingga lebih efektif.

1. Carilah jalan menanjak

"Memberi perubahan dalam hal kemiringan (misalnya jalan menanjak) akan membantu meningkatkan intensitas olahraga kita dan tentu saja jumlah kalori yang dibakar," kata Tom.

Jika kamu memilih jalan kaki menaiki bukit, jangan sedih jika belum berhasil naik hingga ke puncak. Berilah target berkala, misalnya mencapai seperempat atau setengah bukit terlebih dahulu.

Target ditambahkan secara berkala seiring dengan semakin kuatnya tubuh kita. Cobalah aktivitas luar ruangan sebagai titik awal.

2. Tambahkan kecepatan langkah

Langkah yang sedikit lebih cepat bisa membuat perbedaan besar terhadap penurunan berat badan.

Jackie merekomendasikan interval pendek, dengan jalan cepat satu menit, lalu diperlambat selama 30-40 detik dan ulangi hingga durasi keseluruhan mencapai 30 menit.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com