Kompas.com - 04/06/2019, 08:18 WIB
Ilustrasi mudik bersama keluarga. SHUTTERSTOCKIlustrasi mudik bersama keluarga.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Mudik alias pulang ke kampung halaman bagi sebagian orang merupakan perjalanan jarak jauh yang memakan waktu cukup lama.

Situasi perjalanan yang tidak menentu membuat banyak orang mengantisipasinya dengan membawa banyak barang yang mungkin diperlukan.

Apalagi bagi orangtua yang baru tahun pertama mengajak si kecil. Seringkali segala perlengkapan hingga mainan anak ikut dibawa saat mudik.

Hal itu sebenarnya tidak perlu. Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani S.Psi., M.Si mengatakan, orangtua idealnya tidak perlu ribet dengan barang bawaan mereka.

"Pada dasarnya jangan terlalu ribet sendiri karena bagaimana pun orangtua harus memastikan keamanan dan kenyamanan anak," kata Anna di Jakarta beberapa waktu lalu.

Persiapan sejak jauh hari sebelum berangkat mudik juga akan sangat membantu. Jika perlu, orangtua menulis daftar barang-barang bawaan yang benar-benar dianggap perlu saja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika memang barang yang dibawa cukup banyak, pastikan barang dikemas dengan rapi dan praktis sehingga tidak membuat ribet dalam perjalanan.

Apalagi jika mudik dilakukan menggunakan transportasi umum.

Pastikan orangtua tetap bisa memusatkan perhatian pada anak sepanjang perjalanan. Sebab pada perjalanan jarak jauh, akan ada waktu dimana anak merasa capek dan tidak nyaman.

Ketika situasi tersebut tiba, pastikan orangtua punya cara untuk menghadapinya.

"Akan ada waktu dimana anak merasa capek. Pada saat itu, hiburan penting. Kita harus bisa menciptakan ini sebagai momentum indah dan membahagiakan bagi satu keluarga," kata psikolog yang akrab disapa Nina itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.