Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Perdana Bawa Anak, Orangtua Tak Perlu Ribet

Kompas.com - 04/06/2019, 08:18 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mudik alias pulang ke kampung halaman bagi sebagian orang merupakan perjalanan jarak jauh yang memakan waktu cukup lama.

Situasi perjalanan yang tidak menentu membuat banyak orang mengantisipasinya dengan membawa banyak barang yang mungkin diperlukan.

Apalagi bagi orangtua yang baru tahun pertama mengajak si kecil. Seringkali segala perlengkapan hingga mainan anak ikut dibawa saat mudik.

Hal itu sebenarnya tidak perlu. Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani S.Psi., M.Si mengatakan, orangtua idealnya tidak perlu ribet dengan barang bawaan mereka.

"Pada dasarnya jangan terlalu ribet sendiri karena bagaimana pun orangtua harus memastikan keamanan dan kenyamanan anak," kata Anna di Jakarta beberapa waktu lalu.

Persiapan sejak jauh hari sebelum berangkat mudik juga akan sangat membantu. Jika perlu, orangtua menulis daftar barang-barang bawaan yang benar-benar dianggap perlu saja.

Jika memang barang yang dibawa cukup banyak, pastikan barang dikemas dengan rapi dan praktis sehingga tidak membuat ribet dalam perjalanan.

Apalagi jika mudik dilakukan menggunakan transportasi umum.

Pastikan orangtua tetap bisa memusatkan perhatian pada anak sepanjang perjalanan. Sebab pada perjalanan jarak jauh, akan ada waktu dimana anak merasa capek dan tidak nyaman.

Ketika situasi tersebut tiba, pastikan orangtua punya cara untuk menghadapinya.

"Akan ada waktu dimana anak merasa capek. Pada saat itu, hiburan penting. Kita harus bisa menciptakan ini sebagai momentum indah dan membahagiakan bagi satu keluarga," kata psikolog yang akrab disapa Nina itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com