Apakah Olahraga dengan Perut Kosong Efektif Turunkan Berat Badan?

Kompas.com - 09/06/2019, 09:56 WIB
Ilustrasi Olahraga Lari SHUTTERSTOCKIlustrasi Olahraga Lari

KOMPAS.com - Banyak orang berpikir olahraga dengan perut kosong akan membuat kalori terbakar labih banyak sehingga lebih efektif untuk menurunkan berat badan.

Di sisi lain, makan sebelum olahraga dianggap membantu memberi energi agar kita mampu berolahraga secara maksimal.

Jadi, manakah yang lebih efektif? Apakah berolahraga dengan perut kosong benar-benar mempercepat penurunan berat badan?

Pakar kebugaran Kayla Itsines mengatakan, memilih makan atau tidak sebelum berolahraga tergantung pada apa yang sesuai dengan tubuh kita.

Menurut Kayla, glikogen atau karbohidrat yang disimpan tubuh sering terkuras di pagi hari.

Inilah yang membuat banyak orang percaya olahraga dengan perut kosong, terutama di pagi hari, sangat efektif untuk menurunkan berat badan karena yang terbakar adalah lemak.

"Jadi setelah malam tanpa makan, tubuh berpotensi membakar lebih banyak lemak karena simpanan karbohidrat atau sumber energi pilihan tubuh tidak mudah didapat," ucapnya.

Sayangnya, rutinitas semacam ini tidak baik untuk kesehatan tubuh kita karena tubuh berisiko kehilangan banyak glikogen.

Bahkan dalam kasus ekstrem, olahraga tanpa mengonsumsi apapun bisa menyebabkan kita kehilangan massa otot, karena bila lemak habis terbakar, maka sumber energi yang dipakai adalah otot.

Baca juga: Mana Lebih Baik: Makan Sebelum atau Setelah Olahraga?

Sama seperti berolahraga setelah makan berat yang membuat kita merasa tak nyaman, berolahraga dengan perut kosong juga tak selalu menimbulkan hal postif.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber NDTV
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X