Cara Tepat Tentukan Asupan Cairan Tubuh

Kompas.com - 09/06/2019, 11:02 WIB
Ilustrasi air minumnaumoid Ilustrasi air minum

KOMPAS.com - Mencukupi asupan cairan adalah bagian penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, berapa banyak air yang harus kita konsumsi setiap harinya?

Menurut pakar Nutrisi Amanda Beker Lemain, mencukupi asupan cairan memang bukan hal yang sederhana.

Selama ini, kita selalu direkomendasikan untuk mengonsumsi delapan gelas air sehari. Tapi, belum ada bukti ilmiah dibalik saran tersebut.

Meski begitu, Lemain mengatakan saran tersebut adalah langkah awal yang baik untuk mencukupi cairan tubuh.

The National Academies of Sciences, Engineering and Medicine juga menyarankan kita agar mengonsumsi 3,5 liter air untuk pria dan 2,5 liter untuk wanita.

Tapi, sekitar 20 persen cairan bisa kita peorleh dari makanan. Pada dasarnya, kebutuhan cairan setiap orang berbedam tergantung pada kebutuhan.

Menurut Lemain, orang yang tinggal di lingkungan panas dan lembab tentu memiliki kebutuhan cairan yang berbeda dengan orang yang tinggal di daerah pegunungan.

Atlet pun memiliki kebutuhan cairan yang berbeda dengan mereka yang jarang berolahraga. Agar asupan cairan tubuh benar-benar terpenuhi, berikut panduannya

1. Minum saat haus

The National Academies menyatakan sebagian besar orang sehat memenuhi kebutuhan hidrasi harian mereka dengan membiarkan rasa haus menjadi panduan.

2. Minum saat merasa lapar

Saat kita merasa lapar, itu mungkin pertanda jika kita perlu minum.

Halaman:



Close Ads X