Kapan Waktu Terbaik untuk Berolahraga?

Kompas.com - 10/06/2019, 05:05 WIB
Ilustrasi olahraga bersepeda SHUTTERSTOCKIlustrasi olahraga bersepeda

KOMPAS.com - Olahraga memang penting untuk kebugaran tubuh, dan kita bisa melakukannya kapan saja. Namun, berolahraga di waktu yang tepat bisa memaksimalkan manfaat yang kita dapatkan.

Bagi banyak orang, meluangkan waktu untuk berolahraga adalah hal yang sulit. Oleh karena itu, waktu terbaik untuk berolahraga sebenarnya adalah setiap saat, kapan pun kita bisa.

Menurut pelatih triathlon bersertifikat, Bianca Beldini, setiap orang memiliki waktu yang berbeda agar olahraga benar-benar mendatangkan manfaat.

Kita juga bisa melakukan beberapa eksperiman demi menemukan waktu terbaik untuk berolahraga.

Namun, jangan sampai persoalan waktu menghalangi kita untuk tidak berolahraga. Bagaimanapun juga, olahraga memiliki banyak manfaat tak peduli kapan saja kita melakukannya.

Banyak orang berpikir pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berolahraga. Menurut pelatih nutrisi Emily Tills, pagi hari memang menjadi waktu ideal untuk olahraga karena membakar kalori lebih maksimal.

"Ketika bangun di pagi hari, metabolisme dan pembakaran kalori kita meningkat untuk mengakomodasi peningkatan aliran darah ke seluruh tubuh dan 'menghangatkan' otot-otot untuk hari itu," kata Tills.

Sementara itu, metabolisme menggunakan lebih sedikit energi saat kita tidur.

Jadi, peningkatan metabolisme dan pembakaran kalori saat pagi hari yang dikombinasikan dengan aktivitas fisik dapat menyebabkan pembakaran kalori lebih besar.

Menurut Tills, olahraga di sore atau malam hari masih dapat menunjang pembakaran kalori. Namun, waktu tersebut berdekatan dengan jam istirahat atau jam tidur.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X