Mengapa Tiara Kerajaan Tak Bisa Dipakai Semua Putri?

Kompas.com - 12/06/2019, 07:00 WIB
Gaun pengantin Putri Diana, Meghan Markle, dan Kate Middleton.Getty Images Gaun pengantin Putri Diana, Meghan Markle, dan Kate Middleton.

KOMPAS.com - Tiara dan mahkota bertahtakan batu-batu mulia yang dipasang di kepala bangsawan Kerajaan Inggris memang identik dengan para putri. Namun, ada aturan ketat mengenai siapa yang boleh memakainya.

Dalam acara kenegaraan di Istana Buckingham untuk menyambut Presiden Trump, Ratu dan Kate Middelton sama-sama memakai tiara.

Sementara itu, di hari pernikahannya Meghan Markle dan juga Putri Eugenie memakai tiara yang dipinjam dari sang ratu. Walau begitu, bukan berarti mereka boleh meminjamnya sesuka hati.

Menurut pengamat kerajaan, Grant Harrold dan Richard Fitzwilliams, ada beberapa etika menganai tiara dan mahkota yang belum banyak orang tahu.

Harrold menyebutkan, ada dua kelompok wanita yang boleh memakai tiara: mereka yang menikah dan mereka yang terlahir sebagai putri.

“Secara tradisional, tiara adalah pertanda sebuah pernikahan. Jadi, tiara bisa dipakai oleh pengantin perempuan di hari pernikahan, atau setelah ia menikah ia bisa memakainya di ajang formal,” kata Harrold yang juga menjadi direktur di Royal School of Etiquette ini.

Perempuan yang masih lajang biasanya tidak memakai tiara, kecuali mereka terlahir di keluarga bangsawan sebagai putri.

Bila mengikuti tradisi tersebut, mereka yang menikah dengan anggota kerajaan seperti Kate Middleton dan Meghan Markle, berhak memakainya.

Tiara yang Tak Boleh Dipakai Putri Diana Sejak Bercerai... 

Middleton pertama kali terlihat memakai tiara di hari pernikahannya dengan Pangeran William tahun 2011. Sejak itu ia memakainya di banyak acara resmi.

Sementara itu, wanita bangsawan yang masih lajang dan tidak terlahir dengan gelar putri tidak memakai tiara.

Contohnya adalah Lady Gabriella Windsor, anak dari Pangeran Michael of Kent, sepupu pertama Ratu, juga tidak memiliki hak memakai tiara walau ia adalah anak dari seorang pangeran.

Ada waktunya

Walau memiliki hak untuk memakai tiara yang mewah, tetapi para putri itu tidak bisa seenaknya memakai. Ada waktu-waktu dan acara tertentu di mana mereka boleh memakainya.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X