Mulai 2021 Kanada Larang Penggunaan Plastik Sekali Pakai

Kompas.com - 12/06/2019, 09:00 WIB
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.
AFP / LUDOVIC MARIN Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

KOMPAS.com - Perdana Menteri Justin Trudeau mengumumkan Kanada akan melarang penggunaan plastik sekali pakai yang mulai efektif pada 2021.  

Dilansir laman National Geographic, Trudeau tidak merinci produk yang masuk larangan, tetapi ia mengatakan beberapa barang yang mungkin, termasuk kantong plastik, sedotan, cutlery, dan piringjika didukung oleh bukti ilmiah dan dijamin.

"Kamu semua pernah mendengar cerita dan melihat foto-foto. Sejujurnya, sebagai seorang ayah sulit untuk menjelaskan ini kepada anak-anak saya. Bagaimana kamu menjelaskan paus mati berenang di pantai di seluruh dunia, perut mereka penuh dengan kantong plastik?," katanya.

Baca juga: Mengurangi Sampah Plastik Saat Mengirim Hantaran

Kanada, yang memiliki 151.019 mil garis pantaiterpanjang di duniadan seperempat air tawar dunia, bergabung dengan daftar negara yang mengambil langkah-langkah untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

Seekor kuda laut tengah berenang di antara sampah-sampah plastik yang melayang di air.SHUTTERSTOCK Seekor kuda laut tengah berenang di antara sampah-sampah plastik yang melayang di air.

Lebih dari 60 negara telah mengambil langkah-langkah untuk mengurangi plastik sekali pakai dengan memberlakukan larangan atau pajak, menurut laporan PBB yang diterbitkan tahun lalu.

Perdana Menteri India, Narendra Modi, misalnya, menyatakan pada tahun 2018 jika India akan menghilangkan semua plastik sekali pakai pada tahun 2022, sebuah rencana ambisius untuk negara terpadat kedua di dunia.

Baca juga: Di India, Biaya Sekolah Ini Dibayar Pakai Sampah Plastik

Sementara itu China, negara terpadat di dunia, bergerak untuk mengekang polusi plastiknya ketika berhenti membeli sampah plastik dari seluruh dunia. 

Timbunan sampah plastik di Pasifik SelatanCatersTV via National Geographic Timbunan sampah plastik di Pasifik Selatan

Trudeau yang membuat pengumuman di Gault Nature Reserve mecatat, Kanada mendaur ulang kurang dari 10 persen dari plastik sekali pakai dan berada di jalur untuk membuang plastik sekali pakai senilai 11 miliar dolar AS pada tahun 2030, kecuali keadaan berubah.

Dia juga mengatakan, pemerintah federal akan bekerja dengan provinsi dan wilayah untuk memperkenalkan standar dan target untuk produsen dan pengecer plastik, sehingga mereka menjadi lebih bertanggung jawab atas limbah plastiknya.

Trudeau mengatakan dia mendukung upaya Menteri Lingkungan Kanada untuk menciptakan strategi nasional untuk nol sampah plastik.

"Ini akan menjadi langkah besar, tetapi kami tahu, kami bisa melakukan ini untuk 2021," kata Trudeau.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X