7 Penyebab Kulit Kusam dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 12/06/2019, 11:22 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Semua orang ingin memiliki kulit wajah yang sehat dan cerah. Terlihat Flawless, istilah yang sekarang populer.

Namun, pola hidup yang kurang teratur mungkin membuat kulit kita tak seindah yang dibayangkan. Paparan sinar matahari, kurang tidur, hingga pola makan tidak sehat membuat kulit flawless itu makin sulit diraih.

Sebenarnya kulit kusam bisa dihilangkan, baik menggunakan produk perawatan kulit maupun cara alami lainnya. Hal pertama yang harus kamu ketahui adalah penyebab di balik kulit kusam tersebut.

Nah, berikut tujuh penyebab kulit kusam dan cara mengatasinya.

1. Tumpukan sel kulit mati

Dokter dermatologi di Yale School of Medicine, Mona Gohara menjelaskan, setiap orang menggugurkan jutaan sel kulit setiap harinya. Ketika kita tidak aktif mengangkat sel kulit tersebut (eksfoliasi), kulit kita akan tampak lebih gelap, apapun warna asal kulit kita.

Anggaplah sel-sel kulit mati tersebut adalah debu. Kecuali dibersihkan, kotoran tersebut akan tetap ada dan mencegah kulit untuk merefleksikan cahaya.

Solusi: lakukan eksfoliasi kulit wajah secara lembut satu atau dua kali seminggu. Dokter dan peneliti dermatologi di Mount Sinai Hospital, Joshua Zeichner menyarankan penggunaan scrub dengan gula atau jojoba ester karena cukup lembut untuk kulit, bahkan kulit sensitif.

"Scrub dengan kulit kacang yang dihancurkan juga bagus untuk kulit," katanya.

Gunakan alpha dan beta hydroxy acid untuk mengupas sel kulit mati. Pilihlah formula yang mengandung bahan-bahan menenangkan, seperti lidah buaya atau teh hijau untuk meminimalisasi iritasi.

Baca juga: Amankah Eksfoliasi untuk Menghilangkan Sel Kulit Mati?

2. Polusi lingkungan

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber allure.com
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X