Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/06/2019, 11:22 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber allure.com

KOMPAS.com - Semua orang ingin memiliki kulit wajah yang sehat dan cerah. Terlihat Flawless, istilah yang sekarang populer.

Namun, pola hidup yang kurang teratur mungkin membuat kulit kita tak seindah yang dibayangkan. Paparan sinar matahari, kurang tidur, hingga pola makan tidak sehat membuat kulit flawless itu makin sulit diraih.

Sebenarnya kulit kusam bisa dihilangkan, baik menggunakan produk perawatan kulit maupun cara alami lainnya. Hal pertama yang harus kamu ketahui adalah penyebab di balik kulit kusam tersebut.

Nah, berikut tujuh penyebab kulit kusam dan cara mengatasinya.

1. Tumpukan sel kulit mati

Dokter dermatologi di Yale School of Medicine, Mona Gohara menjelaskan, setiap orang menggugurkan jutaan sel kulit setiap harinya. Ketika kita tidak aktif mengangkat sel kulit tersebut (eksfoliasi), kulit kita akan tampak lebih gelap, apapun warna asal kulit kita.

Anggaplah sel-sel kulit mati tersebut adalah debu. Kecuali dibersihkan, kotoran tersebut akan tetap ada dan mencegah kulit untuk merefleksikan cahaya.

Solusi: lakukan eksfoliasi kulit wajah secara lembut satu atau dua kali seminggu. Dokter dan peneliti dermatologi di Mount Sinai Hospital, Joshua Zeichner menyarankan penggunaan scrub dengan gula atau jojoba ester karena cukup lembut untuk kulit, bahkan kulit sensitif.

"Scrub dengan kulit kacang yang dihancurkan juga bagus untuk kulit," katanya.

Gunakan alpha dan beta hydroxy acid untuk mengupas sel kulit mati. Pilihlah formula yang mengandung bahan-bahan menenangkan, seperti lidah buaya atau teh hijau untuk meminimalisasi iritasi.

Baca juga: Amankah Eksfoliasi untuk Menghilangkan Sel Kulit Mati?

2. Polusi lingkungan

Udara yang mengandung polusi mengandung partikel-partikel kecil seperti kotoran dan sulfur dioksida atau radikal bebas yang bisa merusak kulit.

Radikal bebas dapat merusak kolagen, menyebabkan kerutan dan menstimulasi produksi pigmen terus-menerus. Ketika warna dan tekstur kulit tidak rata, cahaya yang terpancar ke kulit akan menyebar sehingga kulit wajah terlihat kusam.

Solusi: cuci wajah setiap malam. Membiarkan wajah dalam keadaan kotor ketika tidur akan menimbulkan kerusakan kulit.

"Polusi menyebabkan peradangan dan bisa merusak pelindung kulit. Maka penting untuk memilih krim pembersih wajah yang lembut dan bisa membangun pelindung kulit itu kembali," kata Zeichner.

Halaman:
Sumber allure.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com