Pilates untuk Menurunkan Berat Badan

Kompas.com - 13/06/2019, 12:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Pilates menjadi salah satu jenis olahraga yang makin populer. Orang yang pernah mengikuti kelasnya pasti memahami bahwa gerakan-gerakan kecil pilates cukup membantu mengatasi sakit.

Gerakan pilates memang tidak mudah, sehingga banyak orang mengira olahraga ini juga mampu menurunkan berat badan. Benarkah demikian?

Pilates bisa membantu kita membakar lemak, oleh karena itu tentu bisa pula membantu menurunkan berat badan. Namun yang perlu dicari tahu lebih mendalam adalah soal efektivitasnya.

"Pilates harus menjadi rutinitas kesehatan diri kita," kata instruktur pilates Jacquelyn Brennan, CSCS.

Brennan menambahkan, kita semua perlu menggerakkan tulang belakang kita lebih banyak, menggerakkan sendi melalui gerakan dengan jangkauan luas dan setiap orang harus bisa bernafas dengan cara yang lebih baik.

Semua praktik kesehatan tersebut mampu menggiring kita pada penurunan berat badan.

Lalu, jenis pilates mana yang terbaik untuk menurunkan berat badan?

Ketika seseorang mengatakan "pilates", seringkali itu mengacu pada Romana's Pilates atau pilates yang ditemukan oleh Joseph Pilates.

Ahli gizi dan instruktur pilates Gabbi Berkow, RD, CPT menjelaskan, beberapa studio memang didedikasikan untuk Romana's Pilates, namun ada studio-studio yang juga melakukan pilates lain. Biasanya mereka melakukan gerakan-gerakan yang terinspirasi dari pilates.

Beberapa kelas pilates dilakukan di atas matras, tapi ada pula pilates yang dilakukan di atas permukaan yang bisa meluncur (sliding platform).

Baca juga: Mengenali Nyeri Otot Leher dan Cara Mengatasinya

Meski begitu, para pakar menilai tidak ada jenis pilates yang lebih baik dari pilates lainnya. Dengan kata lain, semua sama bagusnya dalam hal penurunan berat badan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X