Jangan Dihindari, Karbohidrat Tak Selalu Sebabkan Kenaikan Berat Badan

Kompas.com - 14/06/2019, 08:00 WIB
ilustrasi karbohidrat kompleks robynmacilustrasi karbohidrat kompleks

KOMPAS.com - Karbohidrat seringkali dituding sebagai penyebab naiknya berat badan. Padahal, karbohidrat adalah makronutrien penting sekaligus sumber energi tubuh.

Dengan munculnya pola diet rendah karbohidrat yang diklaim efektif menurunkan berat badan, banyak orang menghindari konsumsi karbohidrat karena takut mengalami kenaikan berat badan.

Faktanya, kenaikan berat badan tidak sepenuhnya disebabkan oleh konsumsi karbohidrat.

Naiknya bobot tubuh tergantung pada pola konsumsi makanan kita, kualitas karbohidrat yang kita makan, dan kapan waktu yang kita gunakan untuk mengonsumsinya.

Ada dua jenis karbohidrat yang digunakan sebagai konsumsi harian, yaitu karbohidrat sederhana dan kompleks.

Karbohidrat sederhana adalah karbohidrat yang biasanya menyebabkan kenaikan berat badan dan peningkatan kadar gula darah dengan cepat.

Contoh makanan mengandung karbohidrat sederhana misalnya gula putih, pasta, minuman manis, jus buah, susu dan sebagainya.

Sementara itu, karbohidrat kompleks merupakan karbohidrat yang lebih sehat dan dibutuhkan tubuh untuk energi.

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks misalnya quinoa, beras merah, ubi jalar, biji-bijian, sayuran, lentil dan sejenisnya.

Karbohidrat kompleks umumnya dianggap lebih sehat dan lebih bergizi karena mengandung serat dan protein serta membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber NDTV
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X