Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menjaga Bulu Mata Sambung agar Tak Mudah Rusak

Kompas.com - 17/06/2019, 10:00 WIB
Wisnubrata

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap orang pasti memiliki kegiatan yang berbeda-beda. Ada yang sering beraktivitas di luar ruangan, namun ada pula yang lebih kerap berda di dalam ruangan.

Rupanya hal ini sangat mempengaruhi penampilan dan riasan wajah, salah satunya adalah tingkat proteksi terhadap eyelashes extensions atau bulu mata palsu.

Pendiri gerai perawatan kecantikan Get Beauty! By Your Pretty Lashes, Jakarta, Sunny Marsuryani mengatakan bahwa mereka yang lebih sering melakukan aktivitas di luar ruangan lebih rentan mengalami kerontokan bulu mata sambung, apalagi jika tangan kita terus menerus menyentuh bagian bulu mata sambung tersebut.

Orang yang berada di luar ruangan lebih sering terpapar debu, keringat, dan lainnya, sehingga secara naluri lebih sering membersihkan bagian matanya, dan mengenai bulu mata sambungnya.

Memang tidak salah untuk membersihkannya, namun harus dilakukan dengan ekstra hati-hati. Misalnya jangan teralu keras saat mencuci muka, karena hal itu akan membuat kemungkinan bulu mata sambung menjadi rontok dan copot.

Baca juga: 5 Aturan Wajib untuk Si Bulu Mata Sambungan

“Paling tidak air itu harus mengalir, dan kalau memang pasangnya bener, dia nggak akan mengganggu kok jika kita cuci muka, kita tinggal tap-tap pakai tissue aja udah langsung kering, asal jangan dikucek,” kata Sunny Marsuyani.

Sunny menyarankan, selain menggunakan air yang mengalir, bisa menggunakan cotton bud, serta kurangi pemakaian makeup pada area mata, terutama menggunakan produk yang berbahan dasar oil atau minyak. Alasannya, bahan-bahan tersebut mudah membuat bulu mata sambung gampang rontok.

Ia juga berpendapat agar tidak memakai mascara dan eyeliner. Jika ingin menggunakan eyeliner usahakan diaplikasikan pada ujung mata bagian luar saja. Lalu yang terakhir, jangan terlalu sering melakukan penyisiran terhadap bulu mata sambung.

(Nishya Gavrila)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com