Edukasi Alergi untuk Dukung Tumbuh Kembang Anak

Kompas.com - 18/06/2019, 11:42 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Penyakit alergi merupakan penyakit yang sering dijumpai di masyarakat, prosentasenya mencapai 20 persen. Anak yang lahir dair orangtua penderita alergi kemungkinan untuk terkena alergi lebih besar.

Pada bayi dan balita, alergi yang sering dijumpai adalah dermatitis atopi (kulit) dan alergi makanan.

Alergi merupakan penyakit yang terus berulang sehingga dapat membuat tumbuh kembang anak tidak optimal. Apalagi bentuk alergi bisa berubah-ubah.

Dunia pun menyadari peningkatan kasus alergi secara global. Untuk itu setiap tahun diadakan Pekan Alergi Dunia (World Allergy Week) yang merupakan program tahunan yang diinisasi Organisasi Alergi Dunia (WAO).

Secara global, tema yang diangkat tahun ini adalah “The Global Problem of Food Allergy.”

Tema tersebut diangkat dari fakta bahwa kondisi alergi makanan bisa berbeda antar individu. Oleh karena itu alergi dianggap sebagai topik yang perlu diedukasikan secara rutin pada orangtua bahwa alergi bisa diatasi dan dicegah.

Baca juga: Anak Sempat Alergi, Tasya Kamila Selektif Pilih Makanan

Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan penyakit alergi dan pengobatannya di Indonesia, PT Kalbe Nutritionals melalui brand Morinaga menyelenggarakan Morinaga Allergy Week mulai minggu pertama Juni 2019.

Pekan Alergi Morinaga dilakukan dengan memberikan seminar kesehatan di beberapa kota di Indonesia.Dok Morinaga Pekan Alergi Morinaga dilakukan dengan memberikan seminar kesehatan di beberapa kota di Indonesia.

“Untuk mendukung penuh si kecil yang alergi, tahun ini Morinaga Allergy Week mengangkat tema #BekalPrestasi. Program ini terdiri dari edukasi mengenai alergi lewat seminar di rumah sakit di bebagai kota besar di Indonesia,” kata Senior Brand Manager Kalbe Nutritions, Dewi Angraeni.

Menurutnya, tema ini dipilih untuk mengedukasi orangtua dan masyarakat bahwa anak yang alergi tetap bisa berprestasi.

Selain edukasi mengenai solusi dan pencegahan alergi, masyarakat juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis anak, serta pengenalan program persiapan pendidikan bagi anak.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X