Rahasia Otot Lengan Kuat Ala Superman

Kompas.com - 20/06/2019, 06:53 WIB
Unggahan aktor Henry Cavill pada akun Instagramnya ketika sedang berlatih beban di salah satu pusat kebugaran.Instagram @henrycavill Unggahan aktor Henry Cavill pada akun Instagramnya ketika sedang berlatih beban di salah satu pusat kebugaran.

KOMPAS.com - Membentuk otot-otot yang kuat tak harus selalu dilakukan lewat mengangkat beban dengan berat puluhan kilogram di pusat kebugaran. Hal itu ditunjukkan oleh pemeran Superman, Henry Cavill.

Cavill sempat beberapa kali membagikan rutinitas olahraganya lewat akun Instagram. Salah satunya adalah foto yang diunggahnya 18 Juni lalu.

Pada foto tersebut terlihat Cavill yang mengenakan pakaian serba hitam sedang mengangkat dumbbell di kedua tangannya.

Dumbbell tersebut tampak tak begitu besar, bahkan terlihat dapat dengan mudah dibawa dengan satu tangan.

Dalam keterangan fotonya, Cavill menjelaskan bahwa berlatih untuk mencapai hasil kebugaran tertentu tak selalu harus dicapai dengan mengangkat beban yang berat setiap hari.

Latihan adalah kegiatan yang selalu disempatkannya kapanpun ia bisa, meski di sela kesibukan yang padat.

Pada periode tersebut, ia belajar bahwa berat beban tidaklah penting. Hal terpenting adalah berolahraga.

"Jadi, kamu tak perlu malu pergi ke gym karena di sana ada orang-orang yang akan mengejekmu karena tak mengangkat beban berat. Lakukan saja latihan bebanmu dan tetap konsisten kapanpun itu. Kamu mungkin akan memiliki tubuh yang terlihat lebih baik dari mereka yang mengangkat beban berat," tulisnya.

Baca juga: Pengulangan atau Beban, Mana yang Efektif Membentuk Otot?

Direktur kebugaran Men's Health, Ebezener Samuel setuju dengan apa yang disampaikan Cavill. Menurutnya, terkadang beban yang lebih ringan justru bisa memberikan hasil yang lebih besar.

Gerakan bicep curl dengan beban sekitar 25-30 pon (11-13kg) seperti yang terlihat digunakan oleh Cavill bisa membuat pertumbuhan otot lebih efektif jika dilakukan dengan benar, ketimbang melakukan latihan yang sama menggunakan beban 40-50 pon (18-22 kg) namun dengan gerakan yang berantakan.

"Gerakan dengan beban yang lebih ringan juga akan membuat bahu dan sendi-sendi tubuh kita lebih sehat," kata Samuel.

Ketika banyak orang fokus melakukan cheat curl seperti favorit Arnold Schwarzenegger, penting pula untuk mengingat setiap hal ada pada waktu dan tempat yang tepat.

Maka tak masalah jika kamu tak selalu mengangkat beban berat, toh kamu tidak sedang memersiapkan olimpiade, bukan?

Ketika mengangkat beban, tetaplah fokus pada gerakan yang benar. Maka kamu bisa mendapatkan hasil yang tetap maksimal.

Baca juga: Teknik Angkat Beban untuk Mendukung Pembentukan Tubuh


Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X