Kompas.com - 20/06/2019, 18:00 WIB
Ilustrasi kopi CreatasIlustrasi kopi

KOMPAS.com - Minum kopi menjadi solusi praktis untuk meningkatkan energi dan fokus. Bahkan, banyak orang yang tak segan menghabiskan lebih dari lima cangkir sehari karena merasa secangkir enggak mempan lagi.

Terlalu banyak konsumsi kafein sudah jelas berisiko bagi kesehatan. Sebenarnya, berapa batas aman untuk mengonsumsi kopi?

Menurut sebuah studi dalam American Journal of Clinical Nutrition minum enam atau lebih cangkir kopi per hari dapat meningkatkan risiko penyakit jantung hingga 22 persen.

Riset dilakukan oleh peneliti dari University of South Australia dengan menganalisis data kesehatan dan pola diet dari 347.077 peserta berusia 37 hingga 73 tahun.

Peneliti juga menganalisis varian gen tertentu pada peserta riset, yang disebut CYP1A2.

Varian gen tersebut memungkinkan orang untuk memetabolisme kafein lebih cepat daripada mereka yang tak memilikinya.

Peneliti juga menemukan orang yang minum enam cangkir kopi atau lebih dalam sehari 22 persen lebih mungkin menderita penyakit jantung dan pembuluh darah.

Peneliti juga menyimpulkan korelasi antara konsumsi kopi dan risiko penyakit kardiovaskular tidak tergantung pada susunan genetik.

Dengan kata lain, risiko ini juga berlaku pada orang yang memiliki variasi gen CYP1A2.

Terlalu banyak minum kopi dapat menyebabkan masalah jantung karena konsumsi kafein terlalu tinggi menyebabkan hipertensi.

Baca juga: Mengenal 7 Kopi dari Asia yang Bukan Sekadar Kopi...

Halaman:


Video Pilihan

Sumber InStyle
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.