Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/06/2019, 10:00 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Cuci muka menjadi salah satu ritual kecantikan wajib untuk menjaga kebersihan kulit wajah. Bahkan, sejumlah orang tak hanya melakukan satu kali tahap pembersihan wajah, melainkan dua kali bahkan tiga kali.

Banyaknya tren pembersihan wajah yang beredar luas mungkin membuat kita bingung memilih yang paling tepat. Namun tidak bagi aktris Bella Thorne.

Bella bahkan melewatkan ritual pembersihan wajah di pagi hari, apa alasannya?

Dalam sebuah video tutorial merias wajah di Vogue, Bella membuka video dengan mengungkapkan bahwa dirinya tidak akan membersihkan wajahnya dan hal itu biasa ia lakukan di pagi hari.

"Karena ada yang disebut 'overwashing' (mencuci wajah terlalu sering). Jika aku sedang memiliki jerawat parah, cuci muka adalah salah satu ritual pertama yang akan kuhentikan dan itu membantu," katanya.

Baca juga: Kulit Kesat Setelah Cuci Muka Tak Selalu Baik

Meski begitu, Bella tak menyarankan semua orang untuk mengikuti kebiasaannya tersebut. Baginya, masing-masing orang memiliki perlakuan berbeda untuk kulitnya. Apa yang dilakukan Bella belum tentu baik bagi yang lain.

"Aku tidak bilang kalian harus mengikuti tak cuci muka di pagi hari. Aku hanya bilang ini hal yang bekerja untuk kulitku," ujar wanita kelahiran 8 Oktober 1997.

Jadi, apa yang dikatakan Bella adalah hal benar. Kamu tak perlu mengikuti kebiasannya karena belum tentu baik untuk kulitmu.

Faktanya, dermatolog tersertifikasi dari New York, Dr. Shari Marchbein mengatakan, kebanyakan dermatolog menyarankan untuk mencuci wajah dua kali sehari, yaitu pada pagi dan malam hari.

Namun, hal itu sebetulnya bervariasi tergantung pada tipe kulit. Untuk orang dengan kulit kering atau sensitif, mencuci wajah sekali sehari di malam hari bisa saja sudah cukup. Namun, bagi orang dengan kulit berminyak, cuci muka dua kali sehari akan lebih baik.

"Sangat penting untuk menghapus sisa-sisa makeup, kotoran dan polusi yang terakumulasi pada kulit wajah selama kita beraktivitas seharian, sebelum pergi tidur," katanya.

Baca juga: Hindari, 5 Kebiasaan yang Merusak Kulit Wajah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber POP SUGAR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com