Anak Tidur Siang di Sekolah, Lebih Bahagia dan Cerdas

Kompas.com - 21/06/2019, 12:00 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Tidur siang ternyata membuat anak lebih bahagia dan unggul secara akademis. Termasuk jika dilakukan di sekolah.

Sebuah studi terhadap 3.819 anak usia sekolah dasar yang dipublikasikan pada jurnal Sleep, menemukan fakta menarik.

Disebutkan, anak-anak yang tidur siang di sekolah cenderung lebih bahagia, unggul secara akademis, dan lebih sedikit memiliki masalah perilaku.

" Anak-anak yang tidur siang tiga kali atau lebih dalam seminggu akan mengalami peningkatan performa akademik pada kelas VI sebesar 7,6 persen."

Demikian kata profesor kriminologi dan psikologi dari University of Pennsylvania dan salah satu penulis studi ini, Adrian Raine.

Studi tersebut merupakan penelitian gabungan University of California, Irvine dan University of Pennsylvania.

Baca juga: Jangan Asal Tidur, Ini Trik Agar Tidur Siang Bermanfaat

Para peneliti ingin mengetahui apakah tidur siang bagi anak sekolah bisa menjadi strategi efektif dalam mereduksi kognitif negatif, dan dampak kesehatan dari tidur yang buruk.

Banyak studi tentang tidur menyasar anak-anak kecil atau bayi. Sehingga, kali ini para peneliti ingin mempelajari efek tidur siang pada anak usia sekolah.

Untuk mendapatkan data awal, para peneliti mencari frekuensi tidur siang mingguan dan data durasi rata-rata dari 3.819 siswa sekolah dasar kelas 4-6 China Jintan Child Cohort Study.

Sebelum menyelesaikan kelas VI, para guru diminta untuk mengevaluasi pencapaian akademis dan perilaku siswa.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X