Kompas.com - 22/06/2019, 07:17 WIB
Ilustrasi menggunakan pelembab SidekickIlustrasi menggunakan pelembab

KOMPAS.com - Menjaga kelembaban kulit dengan mengoleskan lotion di seluruh tubuh telah menjadi rutinitas harian banyak orang, terutama ketika usai mandi.

Banyak orang percaya memakai lotion usai mandi sangat efektif untuk menjaga kelembaban kulit. Benarkah begitu?

Berbagai riset memang membuktikan memakai pelembab usai mandi adalah cara paling efektif untuk menjaga kelembabam kulit. Namun yang menjadi kuncinya adalah apa jenis pelembab yang sebaiknya kita pakai.

Menurut riset American Academy of Dermatology (AAD) yang meneliti lebih dari 20.000 dokter kulit yang berpraktik, kita lebih baik menggunakan salep atau krim daripada lotion untuk mendapatkan manfaat paling melembabkan setelah mandi.

Jika kita memiliki kulit kering, kita benar-benar harus membedakan antara lotion yang umumnya lebih encer, salep yang lebih padat, dan krim yang cenderung kental.

Menurut Dr. Kenneth Mark, seorang dokter ahli kulit bersertifikat, salep mungkin kurang diminati beberapa orang karena menggunakan bahan dasar minyak, jadi teksturnya lebih berminyak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salep memiliki efek emolien yang paling besar. Emolien adalah zat yang membantu menenangkan kulit dan meningkatkan kadar air.

"Salep juga dapat menciptakan penghalang antara kulit dan lingkungan untuk membantu menyegel kelembaban ke dalam kulit," tambah Dr Mark.

Baca juga: Pelembab Vs Krim Matahari, Mana yang Lebih Efektif Lindungi Kulit?

Sementara itu, krim juga memiliki manfaat yang serupa dengan salep. Namun, Mark mengatakan krim memiliki sifat yang larut dalam air dan lebih melembabkan daripada lotion, tetapi tidak jauh berbeda dengan salep.

Banyak orang menganggap krim lebih disukai daripada salep karena tekstur dan konsistensinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber InStyle
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.