Kompas.com - 22/06/2019, 10:58 WIB
Ilustrasi sumo shutterstockIlustrasi sumo

KOMPAS.com - Gulat sumo merupakan seni bela diri dari Jepang yang telah lama dikenal masyarakat dunia.

Pertandingan dengan cara saling mendorong antara dua pria besar yang menggunakan cawat dan sanggul di kepala ini memang sangat menarik perhatian.

Seorang pesumo pun dianggap atlet meski memiliki badan gemuk, yang sebenarnya bukan termasuk berat badan ideal seperti lazimnya para atlet lainnya.

Uniknya, meski dengan bobot tubuh besar, pegulat sumo memiliki fleksibilitas dan stamina yang baik.

Dalam pertandingan sumo profesional tidak ada kategori kelas. Ini artinya seorang pegulat dengan berat 200 kilogram bisa saja melawan pegulat dengan berat 90 kilogram.

Jadi, untuk menang dalam pertandingan sumo, berat badan yang besar dan tubuh raksasa saja tidaklah cukup.

"Kebanyakan orang tidak mengerti bahwa pegulat sumo sangat atletis," ucap Byambajav Ulambayar, pegulat sumo yang telah memenangkan dua kali kejuaraan.

Menurutnya, pegulat sumo profesional rata-rata memiliki kecepatan, fleksibilitas, kekuatan dan ketangguhan tubuh yang cukup baik.

Baru-baru ini, sumo telah diakui oleh Komite Olimpiade Internasional — langkah penting untuk memasukkannya ke dalam Olimpiade mendatang. Ada upaya bersama untuk memacu minat pada olahraga tradisional ini.

Badan pimpinan Sumo di Jepang kadang-kadang mengirim pegulat profesionalnya untuk tur internasional, dan turnamen sumo di Jepang kini juga lebih banyak menyediakan penerjemah Inggris.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
RECIPES
SUP PANGSIT
SUP PANGSIT
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X