Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alunan Musik Indonesia Menggema di Pelataran Pantheon Roma

Kompas.com - 23/06/2019, 10:00 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

KOMPAS.com - Pada Jumat sore, 21 Juni 2019, KBRI Roma menggelar pertunjukkan musik Indonesia dalam rangka memeriahkan hari musik atau Festa della Musica di Italia.

Festa della Musica adalah festival musik di Italia yang diselenggarakan setiap tanggal 21 Juni dalam rangka menyambut hadirnya musim panas.

Pada tahun ini di Kota Roma ada lebih dari 4.300 musisi yang berpartisipasi dalam 450 pertunjukan di berbagai tempat.

Nah, KBRI Roma bekerja sama dengan Pemda Kota Roma telah tiga kali berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Pertunjukan dengan tema “Siamo Indonesia” (kami Indonesia) kali ini memiliki arti spesial karena berlokasi di Piazza della Rotonda, persis di halaman bangunan bersejarah, Pantheon Roma.

Baca juga: Menikmati Ngabuburit di Tengah Ajang Festa della Musica di Roma

Pantheon Roma adalah salah satu ikon peradaban Romawi yang berusia hampir 2000 tahun. Lokasi ini dikunjungi enam juta wisatawan setiap tahunnya.

Dari panggung di tengah keramaian pusat wisata kota Roma itulah, terdengar lantunan lagu tradisional Indonesia dari berbagai daerah.

Lagu-lagu tersebut dibawakan dengan instrumen tradisional seperti gamelan, angklung, suling Bali, kolintang, maupun instrumen modern.

Terlihat, ratusan pengunjung termasuk para pejabat kota Roma, masyarakat setempat dan para turis menikmati sajian musikal ini.

Seorang pengunjung bernama Judy pun mengungkapkan kekagumannya.

“Pertunjukkan ini sangat meriah, mendorong saya untuk mengenal budaya Indonesia lebih dalam dan berkunjung ke Indonesia,” tutur dia.

Para musisi terdiri dari musisi remaja Indonesia dari grup Nusantara Etnik yang menampilkan lagu-lagu daerah termasuk kreasi sendiri.

Festa della Musica adalah festival musik di Italia yang diselenggarakan setiap tanggal 21 Juni
dalam rangka menyambut hadirnya musim panas. KBRI Roma pun kembali ambil bagian,DOKUMENTASI KBRI ROMA Festa della Musica adalah festival musik di Italia yang diselenggarakan setiap tanggal 21 Juni dalam rangka menyambut hadirnya musim panas. KBRI Roma pun kembali ambil bagian,

Kemudian, ada pula warga Italia pecinta Indonesia yang menginterpretasi tembang Jawa dengan instrumentasi barat, serta tim kesenian dari kota Manado.

Tak ketinggalan para staf KBRI Roma dan WNI setempat pun ikut berpartisipasi.

Tiara Siahaan (pianis berusia 15 tahun) dan Timothy Samosir (saksofon/suling) serta Marthalina (vocal) dari grup Nusantara Etnik menampilkan lagu ciptaan Tiara, Taksu Pregina (the Beauty of Bali Dancer) dan Hello Jakarta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com