Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/06/2019, 16:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Selulit merupakan lemak yang terperangkap di bawah lapisan kulit, menimbulkan kesan bergelombang pada permukaan kulit. Itu sebabnya banyak wanita yang ingin kulitnya terlihat mulus berupaya menyingkirkan selulit.

Ada berbagai jenis terapi di klinik kecantikan atau pun krim-krim yang mengklaim mampu menghilangkan selulit.

Menurut studi terbaru yang dimual dalam jurnal Cogent Medicine, sebenarnya selulit bisa diatasi tanpa jalan operasi atau pun membeli krim jutaan rupiah.

Menggunakan teknik pemijatan khusus untuk manipulasi fascia, ternyata selulit bisa berkurang.

Fascia adalah jaringan penghubung dan penyusun kolagen, yang letaknya berada di bawah kulit. Manipulasi fascia adalah jenis terapi yang biasanya digunakan untuk mengatasi nyeri.

Dalam penelitian itu, tim ahli menggunakan alat pijat fascia yang disebut fasciaBlaster, berupa tongkat panjang yang di bagian tengahnya terdapat semacam cakaran berbentuk bulat untuk menggosok area yang akan diterapi.

Penelitian ini melibatkan 43 wanita. Sebanyak 33 wanita diminta melakukan teknik pemijatan fascia selama 12 minggu, dan sisanya tidak melakukan apa-apa.

Hasil penelitian menyimpulkan, terapi manipulasi fascia dengan alat tersebut efektif mengurangi penampakan selulit. Cara ini dianggap lebih murah dibanding menggunakan krim atau operasi.

Menurut penjelasan dokter bedah plastic Swet Chaudhari, jika kita menggunakan alat itu dengan tekanan yang cukup dan minyak lubrikasi, bagian fascia di bawah kulit akan meregang dan tertarik, melepaskan jaringan parut yang jadi penyebab selulit.

“Ketika kita melepaskan jaringan parut atau merombaknya, secara efektif tampilan selulit akan disamarkan,” kata Chaudhari yang merupakan salah satu peneliti.

Namun, efek dari terapi ini tidak akan permanen. Kita harus rutin memakai alat tersebut agar jaringan kulit tidak kembali rekat dan selulit terlihat.

Baca juga: Selulit atau Stretch Mark, Mana yang Lebih Sulit Dihilangkan?

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com