Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/06/2019, 18:10 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak orang lebih memilih mengonsumsi daging ayam daripada daging merah karena alasan kandungan kolesterolnya lebih rendah.

Faktanya, daging ayam mengandung kolesterol yang lebih tinggi dari daging merah.

Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menganalisis efek dari daging merah, daging putih, dan sumber protein nabati pada kadar kolesterol dalam tubuh.

Penelitian itu melibatkan orang dewasa yang sehat berusia 21-65 tahun yang dibagi menjadi beberapa kelompok.

Peserta juga diminta untuk mengonsumsi daging merah, daging putih, dan protein nabati, masing-masing untuk periode empat minggu, dengan urutan protein acak pada setiap kelompok.

"Ketika kami merencanakan penelitian ini, kami berharap daging merah memiliki efek yang lebih buruk pada kadar kolesterol darah daripada daging putih. Ternyata tidak demikian. Kadar asam lemak jenuhnya mirip," kata Ronald Krauss, pemimpin riset.

Dengan kata lain, daging merah dan putih sama-sama dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Di sisi lain, peneliti menemukan protein nabati seperti kacang-kacangan dan polong-polongan adalah pilihan paling sehat jika ingin kadar kolesterol tetap normal.

Secara keseluruhan daging putih masih merupakan pilihan yang lebih baik daripada daging merah. Tetapi, kita juga harus mewaspadai makanan lain yang kadar lemak jenuhnya tinggi.

Baca juga: Mengapa Penting Menjaga Kadar Kolesterol Baik?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com