Kisah Pembuat Nike Air Jordan 1 Bertema Indomie, Berawal dari Ide untuk Hadiah

Kompas.com - 24/06/2019, 22:16 WIB
Air Jordan 1 Custom IndomieInstagram @mr.s.custom Air Jordan 1 Custom Indomie

KOMPAS.com — Sepatu Nike Air Jordan 1 custom dengan tema Indomie mencuri perhatian warganet sejak beberapa hari lalu.

Saat ini, sepatu itu sudah terpesan 20 pasang dengan harga Rp 3,3 juta per pasang.

Pembuat sepatu berwarna dominan merah, hijau, putih, dan kuning ini merupakan lulusan Nanyang Academic Fine Arts (NAFA), Singapura, yaitu Jonathan "Jonas" Gustana (23).

Rupanya, karya nyentrik ini bukan yang kali pertama dibuat oleh Jonas. Sejak beberapa tahun sebelumnya, ia memang sudah bergelut dengan dunia menggambar, khususnya pada obyek pakaian dan sepatu.

Karya-karyanya yang bersifat orisinal, dibuat dengan tangan, dan dibuat sesuai permintaan pemesan, ia pamerkan lewat akun Instagram dagangannya yang bernama Mr Simple Custom, lewat akun @mr.s.custom.

Baca juga: Pembuat Nike Air Jordan Bertema Indomie Ungkap Cara Pembuatan dan Perawatan


Berawal dari hadiah

Jonas menceritakan perjalanannya membuat Mr Simple Custom, yang berawal dari hadiah yang ia buat untuk kekasihnya. Namun, karena karya itu diminati oleh teman-teman kekasihnya, akhirnya ia mengomersialkan karyanya hingga saat ini.

"Awal pertama sekali, saya mau kasih hadiah buat cewek saya karena kan mau cari yang spesial ya. Kalau beli di toko doang semua orang juga bisa. Ya saya bikin sepatu buat dia, Harley Queen sama Joker itu kan yang dia suka," kata Jonas kepada Kompas.com pada Sabtu (22/6/2019).

"Jadi, ya sudah di-support, mulai deh bikin. Pada 2017, iya cuma memang saya enggak fokus banget buat ngembangin karena masih sekolah," tuturnya.

Setelah karyanya banyak dikenal orang, berkat Air Jordan 1 Indomie yang viral, Jonas berencana akan membuat batasan untuk karyanya ke depan.

"Ke depan yang massal saya pasti bakal limit, enggak mungkin berpuluh-puluh. Mungkin  maksimal 10-15 sudah itu cukup sih. Tapi ini belum confirm ya," kata dia.

Baca juga: Dibanderol Rp 3,3 Juta, Air Jordan Custom Tema Indomie Ludes


Terkait hak cipta

Untuk karya Air Jordan 1 bertema Indomie, Jonas mengaku tidak ada permasalahan hak cipta walaupun dalam karyanya terdapat karya orang lain.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X