Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yang Bisa Dilakukan Jika Hasil Tato Tak Sesuai Harapan

Kompas.com - 25/06/2019, 08:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Setelah lama menimbang untuk membuat tato, tentu kebanyakan orang akan bangga jika akhirnya bisa memilikinya. Namun ada juga yang kecewa dengan hasilnya.

Kekecewaan itu bisa karena kualitasnya tidak sesuai harapan atau pun berubah pikiran ingin menghilangkan tato karena menyimbolkan sesuatu yang ingin dilupakan.

Apa pun itu, jika kamu langsung tidak menyukai hasil tato yang baru dibuat, penting untuk mengikuti perawatan tato yang tepat dan tunggu sampai seluruh area sembuh sebelum melakukan perubahan pada tato tersebut.

Menurut seniman tato Baris Yesilba dan dokter dermatologi Dr.Will Kirby, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan jika ingin mengubah atau menghapus tato.

Terapi laser 

Menurut Kirby, sebagian tato dapat dihapus sepenuhnya, tergantung pada letak tato, jenis tinta dan jenis warnanya.

“Biasanya yang bisa dihapus adalah tinta hitam dan tato amatir yang letaknya di bagian tengah tubuh seperti punggung, torso, leher, atau kepala, bisa hilang dengan beberapa kali terapi laser. Bahkan warna tinta merah juga bisa dihapus,” katanya.

Warna tato yang terang pada umumnya lebih sulit dihilangkan. Beberapa warna tato lainnya yang mungkin sama sekali tidak bisa dihapus dengan laser, seperti kuning, biru, kehijauan, oranye, coklat.

Proses penghapusan tato dapat ditangani hanya dalam 30 detik. Namun, proses itu akan memberikan rasa sakit, tapi masih bisa ditoleransi.  Ada beberapa resiko yang bisa terjadi dari proses laser seperti infeksi atau perubahan pada warna kulit.

Tidak cukup sampai disitu, kamu juga harus melakukan perawatan sekitar 15 kali agar tinta pada kulit dapat memudar sepenuhnya.

Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk penghapusan tato pastinya tidak sedikit. Untuk proses penghapusan berkisar mulai dari Rp700.000 untuk sekali perawatan.

Baca juga: Melihat Tato Mentawai yang Sarat Makna

Memperbaiki gambar tato

Bila kamu merasa tidak puas dengan hasil gambar tato dan ukurannya relatif kecil, seniman tato mungkin bersedia dan bisa memperbaiki. Bila kamu tidak berniat menghapusnya dan warnanya belum terlalu pudar, ada kemungkinan tato itu bisa disempurnakan.

Namun, tidak semua jenis tato dapat diperbaiki, tergantung pada kualitas, warna tinta, dan seberapa dalam tinta menembus pada kulit.

Menutupi tato

Bila kamu berniat untuk menutupi tato, pastikan kamu tidak meminta tato arts untuk meng-cover up tato menimpanya dengan warna yang berbeda. Misalnya tato warna hitam ingin ditimpa dengan warna pastel. Hal itu justru membuat bentuk tato makin tak karuan.

Sebelum memutuskan, konsultasikan dengan seniman tato bentuk yang memungkinkan untuk menutupi tato itu. Jangan hanya karena ingin menutupi bentuk yang lama, kamu malah membuat kesalahan dengan yang baru. (Rahayu Kurnia Kinasih)

 Baca juga: Cara Mengatasi Alergi Tato Agar Tak Semakin Parah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com