Kompas.com - 25/06/2019, 08:00 WIB

KOMPAS.com – Setelah lama menimbang untuk membuat tato, tentu kebanyakan orang akan bangga jika akhirnya bisa memilikinya. Namun ada juga yang kecewa dengan hasilnya.

Kekecewaan itu bisa karena kualitasnya tidak sesuai harapan atau pun berubah pikiran ingin menghilangkan tato karena menyimbolkan sesuatu yang ingin dilupakan.

Apa pun itu, jika kamu langsung tidak menyukai hasil tato yang baru dibuat, penting untuk mengikuti perawatan tato yang tepat dan tunggu sampai seluruh area sembuh sebelum melakukan perubahan pada tato tersebut.

Menurut seniman tato Baris Yesilba dan dokter dermatologi Dr.Will Kirby, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan jika ingin mengubah atau menghapus tato.

Terapi laser 

Menurut Kirby, sebagian tato dapat dihapus sepenuhnya, tergantung pada letak tato, jenis tinta dan jenis warnanya.

“Biasanya yang bisa dihapus adalah tinta hitam dan tato amatir yang letaknya di bagian tengah tubuh seperti punggung, torso, leher, atau kepala, bisa hilang dengan beberapa kali terapi laser. Bahkan warna tinta merah juga bisa dihapus,” katanya.

Warna tato yang terang pada umumnya lebih sulit dihilangkan. Beberapa warna tato lainnya yang mungkin sama sekali tidak bisa dihapus dengan laser, seperti kuning, biru, kehijauan, oranye, coklat.

Proses penghapusan tato dapat ditangani hanya dalam 30 detik. Namun, proses itu akan memberikan rasa sakit, tapi masih bisa ditoleransi.  Ada beberapa resiko yang bisa terjadi dari proses laser seperti infeksi atau perubahan pada warna kulit.

Tidak cukup sampai disitu, kamu juga harus melakukan perawatan sekitar 15 kali agar tinta pada kulit dapat memudar sepenuhnya.

Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk penghapusan tato pastinya tidak sedikit. Untuk proses penghapusan berkisar mulai dari Rp700.000 untuk sekali perawatan.

Baca juga: Melihat Tato Mentawai yang Sarat Makna

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.