Omega Cetak Rekor Sebagai Arloji Diving dengan Penyelaman Terdalam

Kompas.com - 25/06/2019, 13:00 WIB
Omega Seamaster Planet Ocean Ultra Deep Professional OMEGAOmega Seamaster Planet Ocean Ultra Deep Professional

KOMPAS.com - Omega mencetak rekor dunia untuk arloji diving dengan penyelaman terdalam. Lewat arloji seri Planet Ocean, Omega berhasil mencapai dasar Mariana Trench (Palung Mariana) dengan cara dilekatkan pada lengan robot kapal selam.

Kapal selam tersebut  merupakan bagian dari global Five Deep Exhibition  bertujuan untuk mencapai kedalaman dari samudera Pacific, Atlantic, Indian, Southern dan Arctic, melakukan perjalanan ke 10.928 meter di bawah permukaan Atlantik.

President and CEO of OMEGA, Raynald Aeschlimann with mission leader Victor Vescovo.Watchpro President and CEO of OMEGA, Raynald Aeschlimann with mission leader Victor Vescovo.

Rekor Dunia ini direbut dari tangan Rolex, yang merancang arloji Deepsea Challenge untuk misi serupa di kapal selam yang dikemudikan oleh sutradara Hollywood James Cameron pada 2012. Misi itu mencapai kedalaman 10.898 meter.

Tahun ini, Victor Vescovo, seorang investor ekuitas swasta Amerika, pensiunan perwira angkatan laut, dan penjelajah bawah laut, mengemudikan deep submergence vehicle (DSV), mencapai titik kedalaman baru di Palung Mariana, 30 meter lebih dari catatan Rolex.

Omega Seamaster Planet Ocean Ultra Deep ProfessionalOmega Omega Seamaster Planet Ocean Ultra Deep Professional

Ada tiga jam tangan khusus Omega Seamaster Planet Ocean Ultra Deep Professional yang dibuat untuk misi ini.

Dua diantaranya diikat ke lengan robot submersible, dan yang ketiga di unit pengumpulan data yang dijuluki Lander. Ketiganya selamat tanpa kerusakan.

Baca juga: Omega Produksi Ulang Jantung Arloji Saat Misi NASA di Bulan

Omega chief executive Raynauld Aeschlimann menggambarkan jam tangan Ultra Deep sebagai teknologi luar biasa serta mewakili pembuatan jam Omega yang paling inventif.

Sementara itu, Vescovo memuji tim proyek Omega karena memiliki kemampuan untuk menciptakan arloji diving tangguh, namun tetap ramping, ringan dan stylish.

Tiga arloji yang dibuat untuk misi tidak akan dijual.

"Dua dari mereka, setidaknya akan disimpan di brankas yang sangat aman," kata Aeschlimann.

Kendati tidak akan dijual, Omega mengatakan pihaknya bermaksud mengadopsi beberapa teknik yang terlibat dalam proyek tersebut ke dalam model arloji komersial masa depan.

Baca juga: 5 Arloji Diving Omega yang Tidak Pernah Jadi Diproduksi



Sumber Watch Pro
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X