BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Polytron

Deretan Aktivitas Buat Weekend, Nomor 5 Paling Asyik

Kompas.com - 25/06/2019, 13:49 WIB
ilustrasi menghadapi akhir pekan Shutterstock/Beer5020ilustrasi menghadapi akhir pekan

KOMPAS.com – “Thank God It's Friday,” ujar Putri (25) sambil beranjak dari meja kerja kantornya.

Mungkin bagi sebagian besar orang, kutipan yang diucapkan karyawati sebuah perusahaan startup tersebut tak lagi asing terdengar.

Ya, hari Jumat biasanya selalu ditunggu. Tak hanya Putri, tapi juga oleh kebanyakan pekerja lainnya.

Dengan datangnya hari Jumat, itu berarti mereka akan segera mengakhiri rutinitas workdays yang kadang melelahkan dan lanjut menikmati weekend dengan kegiatan menyenangkan.

Jadi, setelah lima hari digempur aktivitas padat, akhir pekan jadi waktu yang tepat untuk melepas penat.

Bicara soal akhir pekan, ada banyak kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan. Nah, berikut ini Kompas.com rangkum untuk Anda.

1. Get moving!

Meski weekend merupakan waktu untuk bersantai, namun bukan berarti Anda menghabiskannya dengan bermalas-malasan.

Sebaiknya manfaatkan akhir pekan Anda dengan melakukan beberapa aktivitas fisik semacam olahraga santai.

Ini berlaku untuk Anda yang pada hari kerja tidak memiliki waktu untuk berolahraga.

Diberitakan oleh Kompas.com, Selasa (10/1/2017), salah satu panduan hidup sehat menyebutkan, aktivitas fisik seharusnya dilakukan secara rutin 150 menit seminggu, atau rata-rata 30 menit setiap hari.

Masih dari laman sebelumnya, meski dilakukan seminggu sekali, namun manfaatnya tetap sama asalkan durasi waktunya sesuai dengan rekomendasi aktivitas fisik.

Ada banyak aktivitas fisik ringan yang bisa Anda lakukan saat akhir pekan, misalnya jalan santai atau jogging.

2. Bermain dengan hewan peliharaan

Bila Anda memiliki hewan peliharaan, baik itu kucing ataupun anjing, akhir pekan jadi waktu tepat untuk mengajaknya bermain atau berjalan-jalan.

Apalagi, jika mengutip Psychology Today, Minggu (16/4/2014), aktivitas dog walking atau mengajak hewan peliharaan berjalan-jalan dapat menurunkan kadar kortisol yang merupakan hormon pemicu stres.

Untuk pilihan tempat , Anda bisa mengajak hewan peliharaan tersebut jalan-jalan ke beberapa fasilitas umum, seperti taman.

Bahkan, di beberapa pusat perbelanjaan seperti mall, kini menyediakan taman bermain khusus hewan peliharaan.

ilustrasi merapikan kamarShutterstock/fizkes ilustrasi merapikan kamar

3. Merapikan kamar

Kamar merupakan tempat peraduan terakhir untuk beristirahat usai beraktivitas seharian. Oleh karena itu, maka sejatinya kondisinya harus dibuat senyaman mungkin.

Nah, coba tengok bagaimana kondisi kamar Anda saat ini? Apakah cukup rapi dan nyaman, atau malah sebaliknya?

Sebab, dari sebuah penelitian yang diwartakan oleh Idea Grid, Kamis (29/3/2018) menyatakan, seberapa bersih kondisi sebuah ruangan dapat mempengaruhi keadaan emosional dan mental.

Bahkan, hasil lain dari penelitian tersebut juga ditemukan bahwa kamar yang bersih membuat seseorang mendapatkan kualitas tidur yang baik. Selebihnya, merasakan lebih rileks dan stres berkurang.

Jadi, bila ditemukan debu-debu atau barang tergeletak tidak pada tempatnya, maka akhir pekan nanti adalah waktu yang tepat untuk membenahi kamar Anda.

4. Membaca

Tak sedikit penelitian yang membuktikan manfaat dari aktivitas yang satu ini. Selain menambah pengetahuan, membaca juga berfungsi sebagai sarana hiburan.

Setidaknya, dikutip dari Klik Dokter, Rabu (27/9/2017), dengan membaca dapat mengurangi kadar stres hingga 67 persen.

Tak perlu bacaan yang berat, Anda bisa memulainya dengan yang ringan-ringan, misalnya buku novel atau komik.

Ilustrasi movie marathonDok. Polytron Ilustrasi movie marathon

5. Movie Marathon

Tak sedikit orang yang menghabiskan akhir pekan mereka dengan bersantai di rumah sembari menonton film. Jadi, tak ada salahnya Anda mencoba aktivitas yang satu ini.

Lagi pula, seperti yang dirilis oleh Kompas.com, Minggu (23/10/2018), menonton film bisa menjadi salah satu terapi bagi penderita depresi, gangguan mood, dan sebagainya.

Meski saat ini menonton bisa dilakukan lewat layar smartphone, namun sensasi menonton lewat layar televisi (TV) masih belum terkalahkan, baik dari segi visual maupun suara.

Bahkan, beberapa film, seperti action dan horror akan begitu terasa sensasinya bila ditonton lewat TV apalagi ditambah dengan speaker berkualitas mumpuni.

Singkirkan pikiran apabila Anda langsung membayangkan sebuah home theater. Sebab, memang bukan perkara mudah untuk memiliki fasilitas hiburan tersebut.

Idealnya, sebuah home theater membutuhkan ruangan khusus. Instalasi unitnya pun tergolong sulit. Belum lagi jika luas hunian tidak memadai.

Beruntungnya, beberapa perusahaan teknologi kini telah menciptakan alternatif speaker yang kualitas suaranya tak kalah dengan home theater. Salah satunya, Polytron Sound Bar PHT 220/SB.

Meski berbentuk sound bar, namun pengeras suara ini sudah didukung teknologi subwoofer, sehingga menghasilkan suara bass yang menggelegar, tak kalah jauh dengan kualitas speaker home theater.

Teknologi lainnya seperti bluetooth dan multi input pun sudah tersemat pada speaker ini, seperti optical in, usb in, micro SD/TF card in, AUX in dan coaxial in.

Bahkan secara desain, Polytron Sound Bar PHT 220/SB tidak memakan banyak tempat. Anda bisa menempatkannya di dinding dengan cara digantung atau bahkan di atas rak kabinet. Dengan demikian, speaker ini cocok untuk tipe hunian minimalis.

Nah, itu tadi beberapa cara menikmati akhir pekan Anda. Semoga menyenangkan!

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya