Banyak Makan Sayur dan Buah Mengurangi Risiko Kematian, Apa Sebabnya?

Kompas.com - 28/06/2019, 07:44 WIB
Ilustrasi makan sayuran puhimecIlustrasi makan sayuran
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Nutrisi mengambil peran yang sangat besar terhadap kesehatan seseorang. Apalagi bagi orang-orang yang rutin berolahraga, nutrisi juga memengaruhi performa ketika latihan.

Sebuah studi terbaru bahkan menemukn bahwa kekurangan nutrisi tertentu bisa memberi dampak serius bagi kesehatan secara luas.

Kurangnya konsumsi buah dan sayur-sayuran secara global kerap dikaitkan dengan kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Dalam studi yang dipresentasikan di rapat tahunan American Society for Nutrition 2019, para peneliti mengumpulkan data pola makan serta ketersediaan makanan dari 113 negara atau sekitar 82 persen dari total populasi dunia.

Mereka juga membuat estimasi angka rata-rata konsumsi buah dan sayur.

Kemudian mereka melihat data mengenai penyebab umum kematian di beberapa negara serta secara spesifik melihat risiko penyakit kardiovaskular dikarenakan kurang konsumsi buah dan sayur.

Dari penelitian tersebut, ditemukan bahwa setiap tahunnya, 1 dari 7 orang di dunia meninggal karena penyakit jantung dan stroke yang disebabkan kurang konsumsi buah. Lalu, 1 dari 12 orang meninggal akibat penyakit yang sama karena kurang konsumsi sayur.

Secara spesifik, kurang makan buah menyebabkan kematian karena stroke pada 1,3 juta orang dan 520 ribu orang karena penyakit jantung koroner (penyempitan pembuluh arteri di jantung yang bisa memicu serangan jantung) setiap tahunnya di seluruh dunia.

Sementara kurang makan sayur mengebabkan kematian karena stroke pada 200 ribu orang dan 800 ribu orang karena penyakit jantung koroner.

Kebanyakan kasus terjadi di Asia Selatan, Asia Timur dan Afrika Sub-Sahara, dimana konsumsi buah-buahan dan sayuran adalah yang paling rendah.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X