Kompas.com - 28/06/2019, 08:58 WIB
Interior kamar mandi rancangan Hayon untuk Toto. Dok TotoInterior kamar mandi rancangan Hayon untuk Toto.

KOMPAS.com – Meski letaknya tersembunyi, namun interior kamar mandi juga perlu mendapat perhatian seperti halnya semua bagian rumah yang lain.

Dengan begitu, kamar mandi bukan cuma bersih dan terasa nyaman tapi juga melebur sempurna dengan interior rumah.

Produsen toilet asal Jepang, Toto menggandeng seniman asal Spanyol, Jaime Hayon, untuk mendesain interior kamar mandi yang bisa mendukung fungsi namun memiliki estetika tinggi.

Lewat kreativitasnya, Hayon menciptakan perlengkapan dan interior kamar mandi yang sederhana dari segi desain namun canggih dari segi fungsi.

“Perlu ada keselarasan antara sisi visual dan dekoratif dengan sisi fungsi yang efisien. Kedua sisi harus terajut menjadi sebuah desain utuh yang klasik, bertahan, dan berkelanjutan,” ujarnya dalam siaran pers.

Toto by Hayon ini terdiri dari perlengkapan kamar mandi, seperti wastafel berkaki tinggi yang ramping, kloset duduk, keran air, hingga shower berdesain klasik dan elegan.

Seniman Jaime HayonDok Toto Seniman Jaime Hayon

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pria yang masuk dalam daftar 100 desainer paling relevan versi majalah Times ini mengatakan, tantangan terbesarnya dalam mendesain kamar mandi adalah menciptakan desain interior dalam bentuk yang murni dan sederhana, tapi bisa beradaptasi dengan segala bentuk interior.

Karena rancangan kali ini berkaitan dengan fungsi tubuh, inspirasi Toto by Hayon ini berasal dari tubuh manusia itu sendiri.

“Setiap elemen desain harus mencerminkan lekuk tubuh manusia,” katanya.

Marketing Planning Departement Manager Toto, Tony Suryanto, mengatakan, Hayon berhasil menciptakan mahakarya untuk Toto.

“Karya Hayon telah dikenal di dunia seni dan desain. Gaya desainnya yang riang dan gembira selalu memadukan rasa hormat yang tinggi terhadap keterampilan kerajinan,” kata Tony.

 Baca juga: Langkah Mudah Mengurangi Lembab di Kamar Mandi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.