4 Cara Mengatasi Jerawat di Area Bokong

Kompas.com - 01/07/2019, 09:09 WIB
ilustrasi bokongshutterstock ilustrasi bokong

KOMPAS.com - Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling banyak dialami orang dan terkadang tak hanya tumbuh di area wajah. Beberapa orang mengalami jerawat tumbuh di area bokong dan jika kamu mengalaminya, itu sangatlah tidak nyaman.

Selain mengganggu, banyak orang tidak tahu apa yang menjadi penyebabnya.

Secara teknis kondisi ini disebut folikulitis. Jerawat pada area bokong ternyata tidak sama dengan jerawat pada wajah. Jerawat bokong seringkali terjadi karena tersumbatnya folikel rambut, bukan tersumbatnya pori-pori.

Menurut dermatolog dari Sadick Dermatologi New York, Susan Bard, kondisi ini bisa terjadi karena kombinasi beberapa hal, seperti pergesekan, keringat dan bakteri.

Pada dasarnya, ada beberapa kondisi yabg membuat risiko tumbuh jerawat menjadi lebih tinggi. Misalnya, jika kita menggunakan celana olahraga berkeringat setelah berjam-jam latihan, atau mengenakan jeans atau celana kulit ketat dalam kondisi lembap.

Baca juga: Jangan Biarkan Masalah Jerawat Berkepanjangan

Nah, jika kamu pernah atau sedang mengalami jerawat tumbuh di area bokong, empat saran berikut mungkin bisa membantu mengatasi masalahmu:

1. Jangan selalu menggunakan celana ketat

Celana longgar baik untuk mencegah tumbuhnya jerawat pada bagian bawah tubuh.

"Untuk menghindari folikulitis, aku menyarankan pasien agar tidak menggunakan pakaian ketat yang memicu pergesekan, seperti jeans ketat atau mengganti pakaian olahraga yang berkeringat setelah gym sesegera mungkin," kata Bard.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X