Kompas.com - 01/07/2019, 12:52 WIB
Ilustrasi pasangan tertawa DragonImagesIlustrasi pasangan tertawa

KOMPAS.com - Wahai pria, jangan buru-buru senang jika wanita yang kamu taksir akhirnya mau diajak berkencan. Bisa jadi ia bersedia makan malam karena memang ingin dapat makanan gratis di restoran.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan tim dari Pacific University dan University of California Merced terungkap, sepertiga wanita pergi kencan hanya untuk mendapatkan makanan gratis.

Tim peneliti menyebutkan ada tren kencan terbaru yang disebut dengan "foodie call", yaitu ketika seseorang berkencan bukan karena tertarik untuk menjalin hubungan tetapi ingin mendapatkan makan gratis.

Riset ini melibatkan 357 perempuan heteroseksual dan telah diterbitkan dalam jurnal Social Psychological and Personality Science. Sejumlah pertanyaan yang diajukan bertujuan untuk mengetahui ciri kepribadian, peran gender, dan apakah mereka pernah melakukan foodie call di masa lalu dan pendapatnya tentang hal itu.

Dalan studi pertama, 23 persen wanita mengaku berkencal karena "foodie call", dan beberapa di antaranya melakukannya hanya sesekali atau jarang.

Sebagian besar wanita yang terlibat dalam "foodie call" ini percaya jika model kencan semacam ini adalah hal yang wajar, meskipun secara umum sebagian besar wanita berpendapat sebaliknya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Kencan Pertama

Dalam studi kedua, sebanyak 33 persen wanita pernah melakukan "foodie call".

Menurut peneliti, wanita yang melakukan kencan semacam ini biasanya memiliki nilai kepribadian lebih tinggi pada ciri kepribadian dark triad atau triad gelap.

Dalam ilmu piskologi, triad gelap mengacu pada ciri-ciri kepribadian psikopati, Machiavellianisme dan narsisme.

Mereka yang masih memegang peran gender tradisional juga cenderung menerima dan melakukan kencan demi makan enak secara gratis.

Menurut pemimpin riset, Brian Collisson, ciri kepribadian triad gelap telah dikaitkan dengan perilaku menipu dan eksploitatif dalam hubungan romantis.

Hal semacam ini bisa berupa kurang komitmen pada hubungan jangka panjang, berpura-pura orgasme, atau mengirim gambar-gambar seksual yang tidak diminta.

Namun, peneliti menekankan perempuan yang termasuk dalam penelitian ini tidak mewakili populasi umum.

Oleh karena itu, tidak jelas seberapa akurat persentasenya. Meskipun penelitian ini berfokus pada wanita heteroseksual, menurut peneliti, para pria pun bisa saja terlibat dalam kencan karena "foodie call". Hal semacam ini dapat terjadi dalam banyak jenis hubungan.

 

 



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.