Kompas.com - 01/07/2019, 12:52 WIB

KOMPAS.com - Wahai pria, jangan buru-buru senang jika wanita yang kamu taksir akhirnya mau diajak berkencan. Bisa jadi ia bersedia makan malam karena memang ingin dapat makanan gratis di restoran.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan tim dari Pacific University dan University of California Merced terungkap, sepertiga wanita pergi kencan hanya untuk mendapatkan makanan gratis.

Tim peneliti menyebutkan ada tren kencan terbaru yang disebut dengan "foodie call", yaitu ketika seseorang berkencan bukan karena tertarik untuk menjalin hubungan tetapi ingin mendapatkan makan gratis.

Riset ini melibatkan 357 perempuan heteroseksual dan telah diterbitkan dalam jurnal Social Psychological and Personality Science. Sejumlah pertanyaan yang diajukan bertujuan untuk mengetahui ciri kepribadian, peran gender, dan apakah mereka pernah melakukan foodie call di masa lalu dan pendapatnya tentang hal itu.

Dalan studi pertama, 23 persen wanita mengaku berkencal karena "foodie call", dan beberapa di antaranya melakukannya hanya sesekali atau jarang.

Sebagian besar wanita yang terlibat dalam "foodie call" ini percaya jika model kencan semacam ini adalah hal yang wajar, meskipun secara umum sebagian besar wanita berpendapat sebaliknya.

Baca juga: 6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Kencan Pertama

Dalam studi kedua, sebanyak 33 persen wanita pernah melakukan "foodie call".

Menurut peneliti, wanita yang melakukan kencan semacam ini biasanya memiliki nilai kepribadian lebih tinggi pada ciri kepribadian dark triad atau triad gelap.

Dalam ilmu piskologi, triad gelap mengacu pada ciri-ciri kepribadian psikopati, Machiavellianisme dan narsisme.

Mereka yang masih memegang peran gender tradisional juga cenderung menerima dan melakukan kencan demi makan enak secara gratis.

Halaman:
Sumber


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.