Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/07/2019, 07:55 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menurunkan berat badan menjadi salah satu target yang diidamkan banyak orang. Seringkali, berbagai metode penurunan berat badan dijajal untuk mendapat hasil yang diinginkan.

Bicara soal penurunan berat badan, sebuah riset terbaru yang dipublikasikan pada International Journal of Obesity pada 2018 menemukan satu pola yang bisa membantu kita menurunkan berat badan delapan kali lebih cepat tanpa diet atau olahraga tertentu.

Teknik tersebut dinamakan ‘Functional Imagery Training’ atau FIT.

Mereka yang menjalani FIT mengalami pengurangan lingkar pinggang hingga hampir 5 cm dan penurunan berat badan mereka delapan kali lebih banyak ketimbang orang-orang yang menjalani terapi lain.

FIT didesain untuk meningkatkan motivasi dan melibatkan imajinasi tentang seberapa leganya perasaan kita ketika berhasil menurunkan berat badan.

Ketika memikirkan tentang target berat badan, orang-orang diminta untuk memikirkan tampilan yang mereka inginkan dan perasaan yang mungkin muncul ketika target tersebut tercapai.

Dr Linda Solbrig yang memimpin studi tersebut mengatakan, peningkatan motivasi adalah kuncinya.

"Banyak orang sepakat bahwa untuk menurunkan berat badan kita harus makan lebih sedikit dan olahraga lebih banyak. Tapi pada banyak kasus, orang-orang tidak cukup termotivasi untuk menjalankan saran tersebut," kata Solbrig.

Itulah mengapa FIT fokus pada mengajak seseorang untuk membayangkan tampilan tubuh mereka jika diet berhasil dan bagaimana target bisa dicapai meski tantangan terus bertambah.

Baca juga: Cathy Turunkan Berat Badan 30 Kg dengan Metode Hipnosis...

Studi ini melibatkan 141 orang yang diberi baik FIT atau wawancara motivasi, yang keduanya dimaksudkan untuk meningkatkan motivasi mereka.

Solbrig menjelaskan teknik FIT yang mereka sampikan. Pertama, mulai dengan membawa para partisipan ke sebuah latihan membayangkan sebuah lemon.

Peneliti meminta partisipan untuk berandai-andai melihat sebuah lemon, memegangnya, membuatnya menjadi jus, meminum jusnya, lalu jus tersebut tak sengaja mengenai mata mereka. Ini dilakukan untuk menekankan seberapa kuat emosional kita dengan sensasi fisik.

Dari sana, peneliti bis mengajak mereka untuk berimajinasi penuh dan memeluk mimpi mereka.

Tidak hanya membayangkan seberapa menyenangkannya bisa mencapai target berat badan, tapi juga bagaimana dirimu yang saat ini masih memiliki berat badan lama terhalang untuk melakukan hal-hal yang diinginkan.

Baca juga: Tanpa Diet, Rachel Turunkan Berat Badan 15 Kg dalam 5 Bulan, Mau Tiru?

Peneliti juga meminta partisipan untuk menajamkan indera mereka, baik indera pengelihatan, suara maupun penciuman.

Studi menunjukkan, orang-orang yang menggunakan teknik tersebut bisa turun 2,5 hingga 4 kg dalam sebulan. Sementara partisipan yang melakukan wawancara motivasi kelompok hanya berhasil menurunkan berat badan hingga 0,6 kg.

Setelah satu tahun, hasilnya juga cukup mengejutkan.

Mereka yang menjalani teknik FIT bisa menurunkan berat badan hingga 5,8 kg, sementara yang menjalani wawancara motivasi masih berkisar 0,6 kg.

Nah, jika kamu juga sedang berencana menurunkan berat badan, tertarik mencoba teknik ini?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com