Selain Faktor Genetik, 3 Hal Ini Bisa Membuat Anak Bangun Lebih Pagi

Kompas.com - 03/07/2019, 18:56 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Jam tidur balita bisa menjadi sangat tidak terduga. Ada kalanya, ketika orangtua merasa hanya memiliki sedikit jam tidur, si kecil justru kesulitan tidur dan bangun terlalu pagi.

Anda mungkin merasa membuat anak pergi tidur saat mereka tak ingin tidur, sama buruknya ketika anak bangun lebih awal di pagi hari dan membangunkan Anda yang masih membutuhkan waktu untuk tidur.

Tetapi, menurut perawat praktisi Maile Moore dari Rumah Sakit Anak Boston, membujuk seorang anak untuk tidur adalah tujuan yang dapat dicapai. Orangtua hanya perlu memiliki harapan, jadwal, dan trik yang tepat.

Anak-anak dan tidur bagaikan hubungan yang sangat rumit. Toh nyatanya, membujuk anak untuk tidur memang bukanlah hal mudah.

Baca juga: Anak Tidur Siang di Sekolah, Lebih Bahagia dan Cerdas

Jika bicara soal penyebabnya, banyak hal yang mungkin bisa jadi penyebab anak sulit tidur di malam hari atau bangun sangat awal di pagi hari. Salah satunya adalah karena faktor genetik.

“Ada kecenderungan genetik yang membuat seseorang seakan berlawanan dengan burung hantu,” jelas Moore.

“Dan itu bisa terjadi dalam keluarga. Jadi, karena kecenderungan genetik tersebut, beberapa anak seacara natural akan bangun lebih awal di pagi hari,” lanjutnya.

Meski demikian, ada beberapa faktor lain yang tak terkait dengan gen orangtua, yang bisa membuat anak terbangun lebih awal.

Anak-anak bereaksi pada jadwal tidur

Ada kalanya jadwal tidur berubah karena alasan tertentu. Masalahnya adalah perubahan jadwal di satu bagian akan mengubah jadwal aktivitas lainnya.

Jika si kecil tiba-tiba bangun lebih awal, ini bisa menjadi langkah awal untuk mengatur kembali jadwal aktivitasnya.

Yang perlu diperhatikan, kata Moore, adalah jumlah waktu tidur si kecil dalam sehari.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Fatherly
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X