Kompas.com - 04/07/2019, 08:29 WIB
Ilustrasi ThinkstockIlustrasi

KOMPAS.com - Ada banyak hal yang terasa benar dan solutif, namun ternyata membawa dampak buruk dalam jangka panjang. Salah satunya adalah sering mengucek mata.

Kamu mungkin tak menyadarinya, tapi aktivitas ini nyatanya banyak dilakukan pada berbagai kegiatan. Misalnya, ketika mata terasa lelah setelah seharian menatap layar komputer atau saat mata gatal karena iritasi.

Ahli bedah kornea di Wills Eye Hospital, Beeran Meghpara, M.D mengatakan, mata kita seringkali mengering seiring berjalannya aktivitas harian.

Meghpara juga mengatakan, ada alasan di balik nyamannya mengucek mata bagi sebagian orang. Ini karena mengucek mata bisa menyebarkan cairan air mata ke permukaan mata dan melubrikasinya.

"Menekan pelupuk mata akan membuat mata mengeluarkan cairan minyak, sehingga membuat permukaan mata nyaman dan licin," kata Meghpara.

Baca juga: Pahamilah, Cara Terbaik Atasi Masalah di Area Mata

Namun, hal ini bukan hal terbaik yang bisa dilakukan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengucek mata bisa memunculkan penyakit serius pada kornea. Beberapa orang menyebutnya keratonokus, di mana kornea menjadi lemah, kehilangan bentuk dan menyebabkan kerusakan pengelihatan.

Ini merupakan penyakit yang langka, namun ada ribuan orang mengalami penyakit ini.

Menekan terlalu kuat pelupuk mata ketika kita mengucek mata, juga bisa menyebabkan tekanan mata naik ke atas. Ini meningkatkan risiko glaukoma, yang bisa merusak syaraf mata dan menyebabkan kerusakan pengelihatan dalam jangka panjang.

Lalu, ketika merasa mata tidak nyaman atau gatal, apa yang harus dilakukan?

Halaman:


Sumber menshealth
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.