Kompas.com - 04/07/2019, 09:15 WIB

KOMPAS.com - Setelah dicuci dan dijemur, menyetrika pakaian menjadi ritual penting untuk merapikan pakaian. Tapi kini, setrika bukan satu-satunya alat untuk merapikan pakaian. 

Kita juga bisa merapikan pakaian dengan menggunakan steamer atau yang populer dengan sebutan setrika uap. Lalu, mana yang lebih efektif untuk merapikan pakaian?

Pada dasarnya, pakaian terbuat dari bahan yang berbeda dan memerlukan perawatan tertentu.

Cara terbaik untuk merawatnya adalah dengan membaca label pakaian yang biasanya mencantumkan intruksi perawatan, terutama saat kita ingin menghilangkan kerutan di pakaian yang akan kita kenakan.

Setrika uap

Menurut Nathan Ripley, pakar kebersihan dan penataan rumah, setrika uap memberi keunggulan lebih ketika ingin menghilangkan kerutan dari semua jenis kain.

Kita hanya perlu memanfaatkan uap dari air panas dan menggantung pakaian yang akan kita rapikan.

Steamer yang mudah digunakan dapat membantu merawat kain yang sangat lembut, karena akan membuatnya halus," ucapnya.

Ia menambahkan, setrika uap juga sangat mudah dinyalakan kembali di sepanjang hari, hal yang tak mungkin bisa dilakukan pada setrika biasa.

Penata gaya pribadi dan pakar mode Vanessa Valiente mengatakan memakai setrika uap lebih baik saat kita ingin merapikan kain halus seperti sutra atau sifon.

Setrika uap masih bisa bekerja pada benda seperti kapas,” ucap Valiente.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.