Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Busana yang Terinspirasi Keceriaan Gadis Sulawesi Tenggara akan Dibawa ke Moskwa

Kompas.com - 04/07/2019, 12:40 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com – Kecantikan dan keceriaan wanita Sulawesi Tenggara menjadi inspirasi utama desainer Ferry Sunarto dalam koleksi busana terbarunya.

Koleksi bertajuk De’Posuo itu akan dipamerkan dalam Festival Indonesia Moskwa, Rusia, pada 4-9 Agustus 2019.

Posuo sendiri merupaka salah satu tradisi memingit anak gadis yang beranjak dewasa selama 8 hari 8 malam demi menjaga kesucian gadis tersebut. Pada malam ke-8 dilakukan ritual dengan tari-tarian yang diiringi dengan tabuhan gendang dan dihadiri pemuka adat.

Sebagian koleksi DePosuo rancangan Ferry Sunarto.Dok Ferry Sunarto Sebagian koleksi DePosuo rancangan Ferry Sunarto.
Keceriaan para gadis Sulawesi Tenggara itu diintrepretasikan Ferry dalam pemilihan warna yang cerah seperti kuning, hijau mint, dusty pink, dan lavender, dalam padanan kain tenun khas daerah ini.

Ferry mengatakan sengaja memilih tema Sulawesi Tenggara karena ingin membangkitkan kembali wilayah yang baru saja mengalami bencana banjir dan longsor.

“Masyarakat Indonesia, dan saya pribadi, harus bisa membuat sesuatu yang bikin kita bangkit,” katanya dalam konferensi pers di Jakarta (3/7/2019).

Rencananya Ferry akan membawa 30 koleksi yang terdiri dari koleksi pret-a-porter yang lebih ringan dan cheerful, dan ditutup dengan koleksi couture yang lebih sophisticated.

Seluruh koleksi De’Posue akan dipercantik oleh aksesoris rancangan Rinaly a Yunardy yang akan memberikan statement tersendiri dalam koleksi ini.

Peragaan busana di Festival Indonesia Moskwa ini merupakaan keikutsertaan Ferry yang keempat kali. Ia merupakan desainer yang konsisten mengembangkan kebaya dalam rancangannya. Sebelumnya ia pernah menampilkan songket Bali, sarung Makasar, dan juga batik.  (Rahayu Kurnia Kinasih)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com