Pria 70 Tahun Catat Rekor Lari Maraton di Bawah 3 Jam, tapi...

Kompas.com - 04/07/2019, 17:37 WIB
Frank Meza mengundang perhatian publik saat mampu melintasi garis finish di ajang LA marathon dengan catatan waktu di bawah tiga jam. www.runnersworld.comFrank Meza mengundang perhatian publik saat mampu melintasi garis finish di ajang LA marathon dengan catatan waktu di bawah tiga jam.

KOMPAS.com - Pada bulan Maret lalu, seorang pria berusia 70 tahun Frank Meza mengundang perhatian publik saat mampu melintasi garis finish di ajang LA marathon.

Dia mampu membukukancatatan waktu dua jam 53 menit, dan 10 detik.

Capaian itu sekaligus membuat Meza menjadi pemegang rekor maraton untuk kelompok umur yang diikutinya

Namun, kabar buruk muncul pada awal pekan ini. Capaian yang ditorehkan Meza tersebut dianulir dan sang kakek mendapat diskualifikasi dalam perlombaan itu.

Baca juga: Perhatikan, 5 Tips Agar Tak Cedera saat Lari Maraton

Keputusan ini muncul setelah sebelumnya muncul kecurigaan dari penyelenggara yang menilai capaian itu nyaris mustahil untuk dibukukan Meza.

Torehan waktu yang tergolong luar biasa itu pun menjadi perbincangan di antara anggota komunitas lari

Selanjutnya, penyelidikan pun digulirkan dan forum LetsRun.com mendalami hasil yang dicapai Meza, termasuk melihat keabsahan dari catatan waktu itu. 

Lagi pula, ini bukan pertama kalinya capaian lari Meza dipertanyakan.

Di tahun 2014, dia menyentuh garis finish pada ajang the California International Marathon dengan catatan waktu dua jam, 52 menit dan 33 detik.

Lalu lantas terungkap bahwa dia kala itu melakukan kecurangan, hingga sanksi yang didapatnya adalah pelarangan untuk mengikuti perlombaan sejenis. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X