Air Max 1 "4th of July", Sentuh Angka Rp 35,3 Juta hingga Sindiran Komunis

Kompas.com - 05/07/2019, 10:10 WIB
Produk Air Max 1 USA BUZZFEEDNEWSProduk Air Max 1 USA

KOMPAS.com- Beberapa waktu lalu, Nike telah menarik pemasaran produk sneaker kontroversial Air Max 1 USA yang berhias “Betsy Ross flag”, baik dari aplikasi maupun website mereka. 

Namun, pada Selasa pagi waktu Amerika Serikat, sepatu tersebut masih dapat ditemukan di situs lelang sneaker ternama StockX.

CEO StockX CEO Scott Cutler melalui akun Twitter-nya pada Selasa sore (2/7/2019) baru mengumumkan penarikan sneaker Air Max 1 USA dari situs mereka. 

Setelah Nike menarik sneakers Air Max 1 "Fourth of July", harga resale sepasang sepatu kontroversial tersebut justru naik drastis.

Dilansir laman Hypebeast, harga sneakers yang semula 120 dolar AS atau Rp 1,6 juta, kemudian melejit hingga 2500 dolar AS atau Rp 35,3 juta di StockX.

Tentu saja, alasannya karena barang tersebut tiba-tiba menjadi produk langka yang sulit ditemukan di tempat lain.

Tercatat, sudah ada 67 pasang Air Max 1 "Fourth of July" yang terjual melalui StockX, dan kemudian dihapus.

CEO StockX Scott Cutler mengungkapkan penjualan sneakers tersebut tidak selaras dengan prinsip-prinsip nilai perusahannya.

Baca juga: Nike Air Max 1 USA Kontroversial Ditarik dari Pasar, Harga Meroket

Sepatu "Fourth of July" menuai kontroversi karena berisiko memicu simbol rasisme, sebab menggunakan bendera Amerika Serikat lama, tepat ketika era perbudakan masih menonjol di negara tersebut.

Bendera yang diberi nama "Betsy Ross Flag" tersebut menampilkan 13 bintang putih dalam sebuah lingkaran, plus digunakan oleh kelompok sayap kanan sebagai simbol perjuangan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X