Spirit "Ramah Lingkungan" dari Uniqlo, Pangkas Pemakaian Plastik

Kompas.com - 05/07/2019, 10:41 WIB
Uniqlo reusable bag UniqloUniqlo reusable bag

KOMPAS.com - Kini, kian banyak label fesyen dunia yang menaruh perhatian terhadap isu kelestarian lingkungan.

Salah tuanya dilakukan Fast Retailing, -perusahaan induk Uniqlo, yang mengumumkan soal kebijakan pengurangan plastik.

Mereka akan melakukan langkah signifikan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai yang diserahkan kepada pelanggan di gerai-gerai Uniqlo di seluruh dunia.

Kebijakan ini termasuk mengurangi tas belanja dan kemasan produk yang boros, hingga 85 persen, atau setara dengan 7.800 ton per tahun, hingga pada akhir tahun 2020.

Baca juga: Uniqlo Membuat Para ARMY Mengantre

Per tanggal 1 September 2019, gerai di 12 pasar di seluruh dunia akan mulai menggunakan kantong kertas ramah lingkungan yang terbuat dari kertas daur ulang bersertifikat FSC (Forest Stewardship Council).

Seperti dilansir laman Highsnobiety, perusahaan ini juga akan menjual tas daur ulang ramah lingkungan bermerek seharga 0,10 dollar AS atau hanya Rp 1.400 per kantong, mulai Januari 2020.

Inisiatif ini bertepatan dengan upaya Fast Retailing untuk menciptakan bisnis yang berkelanjutan dengan mempertimbangkan lingkungan.

Hal ini lalu direalisasikan dalam komitmen menghilangkan semua bentuk limbah, khususnya plastik sekali pakai karena pencemaran lingkungan.

Baca juga: Mulai 2021, Prada Pakai Nylon Daur Ulang untuk Produksi Tas



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X