Usia Berapa Anak Mulai Bisa Diajak Nonton di Bioskop?

Kompas.com - 05/07/2019, 21:14 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.com - Tak sedikit orangtua yang mengajak anaknya ke bioskop. Bahkan, di antara kita tentu pernah merasa terganggu, karena anak kecil yang tiba-tiba menangis atau berlarian di dalam bioskop.

Hari ini media sosial Twitter ramai dengan perdebatan netizen soal orangtua yang mengajak anak balitanya nonton bioskop.

Sebagian netizen beranggapan bahwa orangtua tak seharusnya membawa balita ke bioskop, selain karena film yang tak sesuai usia, balita cenderung belum bisa duduk tenang dalam waktu lama dan ini akan mengganggu penonton lainnya.

Bahkan, banyak orangtua yang mengaku rela tak menonton bioskop selama dua hingga lima tahun, karena khawatir si kecil tak nyaman di dalam bioskop.

Sedangkan menurut netizen lain, tak masalah mengajak balita menonton bioskop, dengan catatan orangtua harus sadar diri, rela keluar bioskop saat anak-anak mulai merasa tak nyaman.

Persolan ini sudah sejak lama menjadi perdebatan tak berujung. Apalagi, pihak bioskop juga tak pernah memberikan larangan untuk membawa balita masuk ke dalam bioskop. Sehingga, keputusan ada pada orangtua.

Baca juga: Ajaklah Anak Nonton di Bioskop dan Cermati Manfaatnya

Menurut psikolog, Roslina Verauli, M.Psi, Psi, usia anak yang tepat untuk diajak menonton bioskop adalah empat tahun.

“Saya menganjurkan saat anak sudah berusia empat tahun. Meski ada beberapa pakar yang menyebut usia 2-3 tahun, anak-anak sudah bisa diajak ke bioskop,” jelas psikolog yang akrab disapa Vera saat dihubungi Kompas.com Jumat sore (5/6/2019).

“Ini karena kemampuan berbahasa anak memang mulai berkembang di usia 2 tahun. Tapi, menurut saya di usia tersebut perkembangan berbahasanya belum cukup,” lanjutnya.

Vera mengatakan, ada tiga faktor penting yang harus diperhatikan sebelum mengajak anak nonton bioskop.

1. Kemampuan berbahasa yang sudah berkembang

Kemampuan berbahasa anak  mulai berkembang di usia 2 tahun. Pada usia 4 tahun kemampuan berbahasa anak semakin matang. Si kecil sudah bisa berbicara dengan terstruktur dan memahami perkataan orang lain dengan baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X