Kompas.com - 07/07/2019, 17:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan anak bisa dilihat dari bagaimana bentuk komunikasi antara orangtua dan anak yang terbangun sejak dini.

Membangun komunikasi positif dengan anak sejak dini dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri anak, membuat anak merasa lebih berharga, membangun konsep diri yang positif, dan membantu anak membangun hubungan sosialnya.

Komunikasi yang baik dengan anak berarti melibatkan mereka dalam pembicaraan dan juga mendengarkan omongannya.

Namun, kesibukan orangtua sering membuat komunikasi yang terbangun hanya satu arah. Dalam arti, anak hanya mendengarkan perintah-perintah orangtua.

Penggiat pendidikan Najeela Shihab, memberikan tips cara membangun komunikasi yang efektif antara orangtua dan anak.

1. Dengarkan anak

Dengarkanlah terlebih dahulu apa pun yang dikatakan anak.  Biarkan mereka tahu kalau kita sebagai orangtua juga tertarik untuk mengetahui dunia mereka.

Mudahnya, tanyakan kepada anak apa yang terjadi di sekolah dan lingkungan. Ketika sedang berbincang dengan anak, beri perhatian penuh, jangan sambil menonton televisi atau gawai.

2. Berbicara dengan mereka

Hindari gadget dan mulai berbicara dengan anak tentang hal-hal favorit mereka. Tunjukkan rasa penasaran kita pada apa pun yang mereka ceritakan, sehingga akan melatih anak untuk percaya diri ketika berbicara.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.